Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dan Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi mendapat hibah masing-masing satu unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri atas catatan prestasi akuntabilitas laporan keuangan terbaik.

Penyerahan kedua ADM  yang akan mendukung pelayanan publik di bidang catatan kependudukan itu itu diserahkan oleh Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni di Rumah Dinas Gubernur Jambi di Kota Jambi, Jumat.

Perangkat tersebut akan mendukung pelayanan dokumen kependudukan secara mandiri serta operasional dan pengelolaan mesin berada di bawah tanggung jawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten.

Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni dalam sambutannya menyampaikan bahwa alasan di pilihnya dua kabupaten ini sebagai penerima mesin ADM karena menunjukkan adanya prestasi tersendiri yang telah di capai, dimana dalam penilaian BPKP, Tanjung Jabung Barat dan Batanghari memiliki akuntabilitas laporan keuangan terbaik se-provinsi Jambi.

Dengan perangkat ADM tersebut, diharapkan bisa mengejar rentang kendali pelayanan publik kedua kabupaten yang jaraknya masih jauh dari Kota Jambi dan Kabupaten Bungo, dua daerah yang sebelumnya juga telah menerima hibah mesin ADM.

Bupati Tanjabbar  Anwar Sadat saat di wawancara usai acara mengatakan pemberian hibah mesin ADM ini berdasarkan prestasi yang diraih oleh Pemkab Tanjababr.

"Alhamdulillah kita termasuk kabupaten yang paling pertama menyampaikan LKPD kepada BPK," kata Bupati Anwar Sadat.

Bupati berharap kepada Dinas Dukcapil Tanjabbar agar dengan di terimanya hibah mesin ADM dari Kemendagri ini bisa meningkatkan sekaligus semakin mempermudah pelayanan kependudukan.

“Mesin ini berfungsi secara mandiri, artinya kita berharap pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akte kelahiran masyarakat Tanjung Jabung Barat semakin mudah," tutupnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Batanghari H M Fadhil Arief yang menyebutkan perangkat ADM tersebut akan ditempatkan dan difungsikan untuk mendukung pelayanan catatan kependudukan ,sehingga bisa meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kependudukan di Kabupaten Batanghari.

Ia menyebutkan, peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat terus dilakukan di semua bidang, baik pengembangan kualitas dan kapasitas SDM juga pengembangan sarana serta prasarana pendukungnya.

"Terima kasih, ADM ini sangat membantu dalam peningkatan kinerja dan kualitas layanan kepada masyarakat," kata Bupati Batanghari.
Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). (ANTARA/HO)

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021