Pemerintah Provinsi Jambi mengupayakan penyelesaian batas wilayah antarkabupaten/kota dalam provinsi setempat untuk percepatan pembangunan daerah.

"Masih ada lima segmen batas wilayah antardaerah yang belum selesai dan tengah dilakukan upaya penyelesaian," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat di Jambi, Jumat.

Lima segmen batas wilayah antarkabupaten/kota yang masih belum selesai tersebut di antaranya batas wilayah antara Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Batanghari, serta Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Selanjutnya, batas wilayah antara Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi serta Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Dijelaskan Rahmad Hidayat bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Muaro Jambi, Tebo dan Bungo, serta Tebo dan Batanghari telah sepakat terkait batas wilayah antardaerah yang dan saat ini dalam persiapan penetapan Permendagri.

Sementara itu, batas wilayah antara Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat serta batas wilayah antara Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi masih belum disepakati dan dilanjutkan penyelesaiannya oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

"Penetapan batas wilayah antardaerah ini bertujuan untuk percepatan pembangunan di daerah masing-masing," kata Rahmad Hidayat.

Selain itu, penetapan batas wilayah antardaerah tersebut memberikan kejelasan cakupan wilayah administrasi pemerintahan. Kejelasan luas wilayah, pengaturan tata ruang, kejelasan administrasi kependudukan, daftar pemilih (pemilu dan pilkada), kejelasan administrasi pertanahan dan perizinan pengelolaan sumber daya alam, serta layanan yang diberikan kepada masyarakat akan lebih efektif.

Ia mengatakan bahwa batas wilayah antara Provinsi Jambi dan provinsi tetangga sudah selesai dan sudah ada Permendagri-nya. Ada 21 segmen batas antarprovinsi di daerah itu, di antaranya batas Sumatera Barat dan Jambi terdiri atas 6 segmen, batas Riau dan Jambi 4 segmen, batas Bengkulu dan Jambi 4 segmen, serta batas Jambi dan Sumatera Selatan 7 segmen.

"Batas wilayah antarprovinsi sudah selesai semua, tinggal sosialisasi oleh daerah yang berbatasan," kata Rahmad Hidayat.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021