Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) H Anwar Sadat mengatakan  penggunaan Bahasa Indonesia yang baik, benar, tepat dan efektif merupakan tuntutan yang harus dijawab dengan keterampilan berbahasa masyarakat, terutama  ASN dan  TNI/Polri.

Hal itu disampaikan Bupati H Anwar Sadat  acara peningkatan keterampilan Berbahasa Indonesia bagi TNI, Polri dan ASN Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) di Kualatungkal , Senin (21/06),  yang digelar bersama Kantor Bahasa Provinsi Jambi.

Bupati menyebutkan Bahasa Indonesia merupakan media penyampaian gagasan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari , dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan kepentingan.

Selain itu bahasa nasional merupakan aset berharga yang harus dipelajari dan dikembangkan oleh semua elemen bangsa, sebagai identitas bangsa sudah semestinya Bahasa Indonesia menjadi sarana komunikasi di negeri sendiri.

Banyak kerancuan dan kesalahan yang sering terjadi dalam penggunaan Bahasa Indonesia, diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan bahasa  secara tepat.

"Diharapkan melalui kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari," kata bupati.

Kepala kantor Bahasa Indonesia Dr Sukardi menyebutkan kantor bahasa memiliki tugas pokok yaitu melaksanakan pengembangan bahasa, pembinaan, dan perlindungan serta pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia, termasuk  di wilayah  Provinsi Jambi.

"Kegiatan hari ini termasuk juga dalam pembinaan bahasa.

 Kita memiliki berbagai masalah dalam sisi bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Dan itu harus terus diupayakan perbaikan melalui edukasi," kata Sukardi.



 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021