Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menginstruksikan sebelas kabupaten dan kota di daerah itu melaksanakan percepatan vaksinasi dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden terkait percepatan satu juta vaksinasi COVID-19 per hari.

"Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden, Provinsi Jambi akan melaksanakan kegiatan vaksinasi masal se-Provinsi Jambi," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, Kamis.

Instruksi tersebut tertuang dalam Instruksi Gubernur nomor 6/INGUB/DINKES/2021 tentang percepatan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jambi dalam rangka mendukung pelaksanaan satu juta vaksin per hari.

Dalam instruksi tersebut seluruh kepala daerah di daerah itu di minta melaksanakan vaksinasi COVID-19 secara masif, terstruktur dan sistematis dalam mendukung satu juta vaksinasi yang di mulai pada tanggal 26 Juni 2021.

Kemudian menginstruksikan kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah serta ketua Rukun Tetangga (RT) untuk mengajak pelayan publik mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

"Kegiatan percepatan vaksinasi COVID-19 tersebut dipusatkan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 26 Juni dan di Kabupaten Kerinci pada tanggal 27 Juni," kata Sudirman.

Target dari kegiatan vaksinasi serentak tersebut yakni pelayan publik dan guru. Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pelayan publik di Pelabuhan Roll On Roll Off (RORO) serta komunitas yang ada di pelabuhan tersebut menjadi salah satu target utama.

Dijelaskan Sudirman saat ini kegiatan vaksinasi di tengah-tengah masyarakat masih terus berjalan. Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan capaian vaksinasi, baik untuk lansia, pelayan publik, TNI-Polri serta golongan lainnya yang menjadi target vaksinasi.

Harapannya percepatan vaksinasi COVID-19 tersebut dapat berjalan lancar dan capaian vaksinasi COVID-19 dapat meningkat, seperti saat pelaksanaan pekan vaksinasi lansia di Provinsi Jambi pada beberapa waktu yang lalu.

"Vaksin yang digunakan yakni vaksin Sinovac," kata Sudirman.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021