Pelantikan Gubernur Jambi terpilih periode 2021-2024 hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 dijadwalkan dilaksanakan pada awal Juli 2021.

"Saat ini berkas pelantikan Gubernur Jambi masih dalam proses di Sekretariat Negara," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat di Jambi, Jumat. 

Rahmad Hidayat menjelaskan proses verifikasi berkas pelantikan Gubernur Jambi tersebut diperkirakan dilakukan dalam waktu dua minggu. Sehingga pada awal Juli 2021 Gubernur Jambi terpilih akan dilantik. 

Namun belum di ketahui secara pasti dimana dan siapa yang akan melantik Gubernur Jambi terpilih tersebut. Karena masih menunggu informasi lebih lanjut dari Sekretariat Negara. 

"Yang pasti pelantikan tersebut akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19, dan dilakukan secara hibrid," kata Rahmad Hidayat. 

Seyogyanya Gubernur Jambi terpilih sudah dilantik pada April 2021 yang lalu. Namun karena gugatan salah satu kandidat di Mahkamah Konstitusi (MK) diterima dan MK memutuskan agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Gubernur Jambi di 88 TPS di 15 kecamatan dalam lima kabupaten dan kota. 

Setelah dilaksanakan PSU Pilgub Jambi pada 27 Mei 2021, maka pasangan calon Gubernur Jambi Al Haris-Abdullah Sani masih mengungguli perolehan suara dari kandidat lainnya. Sehingga Paslon Gubernur Jambi Al Haris-Abdullah Sani di tetapkan oleh KPU Provinsi Jambi sebagai Gubernur Jambi terpilih. 

Setelah pelaksanaan PSU Pilgub Jambi Paslon Gubernur Jambi nomor urut 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh memperoleh 587.918 suara, Paslon 02 Fachrori Umar-Syafril Nursal memperoleh 381.634 suara dan Paslon 03 Al Haris-Abdullah Sani memperoleh 600.733 suara. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021