Kepolisian Daerah (Polda) Jambi melakukan vaksinasi kepada warga  dengan dukungan  14.589 dosis vaksin.

Hal itu disampaikan Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo di GOR Kota Baru, Jambi Sabtu, saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi massal yang digelar Polda Jambi dan jajaran secara serentak.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 secara gratis yang digelar di sejumlah titik oleh Satgas COVID-19 daerah,  Polri dan TNI yang serentak di seluruh Indonesia untuk hari ini," kata Kapolda.

Polda Jambi sendiri hari ini, Sabtu (26/6), menggelar vaksinasi massal gratis di GOR Kotabaru, Kota Jambi dan kegiatan vaksinasi dilaksanakan serentak se-Indonesia dengan target sehari satu juta orang.

"Untuk Provinsi Jambi pelaksanaan  vaksin dilaksanakan di 220 titik dengan melibatkan 3.181 tenaga kesehatan," katanya.

Jambi sendiri, kata Kapolda, telah mendapatkan 967 ribu dosis vaksin COVID-19, dan telah disuntikkan sebanyak lebih kurang 350 ribu dosis. Untuk kegiatan vaksinasi massal ini pihaknya menyiapkan 14.589 dosis vaksin dengan targetnya 2,5 juta warga Jambi tervaksinasi.

Kapolda mengatakan, agar target 2,5 juta warga bisa tervaksinasi, Kapolda Jambi mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk mengikuti kegiatan vaksinasi yang saat ini tengah digelar Polda Jambi dan jajaran, kemudian Korem 042/Gapu (TNI) serta Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten dan kota.

"Kita menggunakan vaksin jenis Sinovac. Vaksin ini gratis, sehat dan halal," tegas perwira tinggi yang pernah menjabat Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri itu.

Saat ini Kapolda Jambi juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran COVID-19 dengan muncul varian-varian baru.

Kegiatan vaksinasi di GOR Kotabaru juga dipantau Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan unsur Forkopimda lainnya.

Sementara itu Kabid Dokkes Polda Jambi Kombes Pol dr Yolie Diana mengatakan, untuk hari ini Polda dan Polresta Jambi menyiapkan 1.300 blangko bagi warga yang akan divaksin dimana sebagian besar dari blangko tersebut sebelumnya sudah dibagikan oleh Bhabinkamtibmas di setiap kecamatan yang ada di Kota Jambi.

"Sedangkan untuk Polres jajaran kita target 125 dosis. Kalau lebih tidak masalah," kata Yolie.

Pantauan di GOR Kota Baru Jambi, kegiatan vaksinasi massal Polda Jambi ini mendapat sambutan antusias dari warga. Bahkan banyak warga yang belum mendapatkan blangko datang ke GOR Kotabaru untuk mendapatkan vaksinasi.ll

Namun bagi warga yang belum mendapatkan blangko untuk vaksinasi, diminta untuk datang lagi Senin (28/6) pekan depan.

"Yang belum dapat blangko silakan datang lagi hari Senin. Kegiatan vaksinasi bukan hanya hari ini saja, tapi sampai tanggal 30 Juni nanti," kata petugas infomasi di lokasi vaksin.

Kegiatan vaksinasi massal ini juga sekaligus dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 ini dilaksanakan serentak se-Indonesia, dengan target sehari satu juta orang divaksin.

"Saya mau divaksin agar sehat, terhindar dari Covid-19," kata Rionaldo (30), warga Wijaya Pura, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi yang ditemui di GOR Kotabaru.

"Saya tahu dan mendapatkan formulir kegiatan vaksinasi ini dari Bhabinkamtibmas di daerah saya," katanya.

Kegiatan vaksinasi massal Polda Jambi ini mendapat sambutan antusias dari warga. Bahkan warga mengaku datang secara sukarela, tanpa ada paksaan.

"Saya datang atas kemauan sendiri, tidak ada paksaan," kata Dina Mailani Putri, warga Kenali Asam Atas saat ditemui di GOR Kotabaru.

Dina juga mengaku tidak merasakan gejala apa-apa setelah disuntik vaksin. "Biasa saja, tidak ada gejala apa-apa. Mudah-mudahan dengan divaksin kita tetap sehat.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021