Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Munawar Ibrahim bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 tahun 2021 secara virtual bersama Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin, dari rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (29/6).

Usai mengikuti peringatan Harganas, Pj Gubernur mengatakan, dalam memperingati hari Harganas kali ini sangat bagus dengan mengambil tema "Keluarga Kren Cegah Stunting". Bersamaan Harganas katanya Presiden akan menandatanganani sebuah Perpres penurunan stunting yang memposisikan BKKBN sebagai motor penggerak utama.

Sebab itu, pemerintah daerah dalam upaya pencegahan stunting perlu dititikberatkan pada penanganan penyebab masalah gizi yang langsung maupun tidak langsung. 

"Penyebab langsung maupun tidak langsung mencakup masalah kurangnya asupan gizi dan penyakit infeksi. Sementara penyebab tidak langsung berkaitan dengan lingkungan sosial dan lingkungan permukiman. Dalam penanganan stunting, keluarga merupakan komponen utama yang sangat berperan dalam pencegahan maupun penanggulangan nya. Hal ini disebabkan karena masalah gizi, sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup keluarga.” Ujarnya.

"Pemerintah Provinsi Jambi katanya sudah berusaha memaksimalkan penurunan angka stunting, salah satu Kabupaten yaitu Kabupaten Muarojambi lebih rendah dari yang ditargetkan pada tahun 2024, yakni 8,6 persen.

"Ini menunjukkan bahwa Jambi luar biasa dalam usaha penurunan stunting. Semoga kabupaten lain bisa mengikuti. Target nasional hanya 14% pada tahun 2024," jelasnya.

Sementara itu, Kaper BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim mengatakan, dalam upaya penurunan stunting, pihaknya terus melakukan sosialsiasi dan pencegahan. Dengan melibatkan semua pihak, dan menyebar kader-kader BKKBN di desa-desa.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021