Bupati Kabupaten Tanjabbar Barat Provinsi Jambi Anwar Sadat menghadiri panen raya padi di Desa Rawa Medang Kecamatan Batang Asam Tanjab Barat, Kamis (15/7). 

Panen raya kali ini memiliki tema melalui panen padi dengan penerapan teknologi pupuk berimbang kita wujudkan swasembada benih menuju Tanjung Jabung Barat Berkah. Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat mengatakan pembangunan pertanian sub sektor tanaman pangan dan hortikultura memiliki peranan strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

"Kebutuhan pangan masyarakat terus meningkat setiap tahun, untuk itu pemkab Tanjab Barat mencanangkan program peningkatan produksi padi dengan peningkatan indeks pertanaman sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas padi, " katanya. 

Bupati juga memberikan apresiasi pada gabungan kelompok tani maju jaya desa Rawang Medang Kecamatan Batang Asam yang telah berhasil melaksanakan kegiatan penangkar korporasi benih dengan penerapan teknologi pupuk berimbang melalui kegiatan demplot penyuluh. Usai launching produk beras lokal Pandawa Lima dan benih Unggul Padi Ku Bupati juga  berdiskusi bersama Penangkar Karya Mukti dan Penangkar Mekar Sari serta beberapa OPD. 

 Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura (DTPH) Tanjung Jabung Barat , Zainuddin menegaskan varietas penangkar yang saat ini dikembangkan adalah Inpari Nutri Zink seluas 5Ha dan Inpara 3 seluas 70Ha.

" Ini varietas unggulan dan dapat makin dikembangkan, kegiatan korporasi padi di desa Rawa Medang dan Sri Agung seluas 70Ha dikelola kelompok tani Karya Mukti dan Mekar Sari serta demplot penyuluh seluas 10Ha, "ujarnya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021