Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan vaksinasi massal bersama Polda Jambi dan PKC PMII untuk civitas akademika UIN STS Jambi dan masyarakat umum di Auditorium Chatib Qhuzwain Kampus II Simpang Sungai Duren, Muaro Jambi Sabtu (17/7). 

Rektor UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Suaidi Asyari usai memantau pelaksanaan vaksinasi massal mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal menjadi bagian dari tugas kenegaraan untuk bersama-sama menurunkan angka penularan covid-19. Pelaksanaan vaksinasi massal ini sebagai wujud dukungan UIN Jambi pada kegiatan pemerintahan. 

"Kami ucapkan terimakasih kepada Polda Jambi atas pelaksanaan vaksinasi massal ini. Kami merasa perlu menyampaikan bahwa UIN Jambi ingin bergerak mensuport kegiatan pemerintahan, karena salah satu tugas perguruan  tinggi adalah menciptakan perubahan masyarakat yang lebih baik, " kata Rektor UIN. 

Hingga saat ini dikatakan Suaidi masih  ada masyarakat yang meragukan vaksin Covid-19 ini. Untuk itu, UIN Jambi menunjukkan kepada publik atas dukungan pada keputusan pemerintah dan keputusan MUI untuk mendorong pelaksanaan vaksinasi. Dirinya juga berharap agar berita bohong atau berita hoaks terkait vaksinasi tidak lagi beredar agar tidak menghambat pelaksanaan vaksinasi. 

"Dengan vaksinasi kita berharap akan terjadi penurunan penyebaran Covid karena kekebalan tubuh semakin  meningkat, " ujarnya. 

Ke depan jika UIN Jambi diminta kembali  untuk pelaksanaan vaksinasi, Suaidi  menegaskan bahwa pihaknya siap memfasilitasi kegiatan tersebut sebab perguruan tinggi merupakan bagian dari pemerintahan untuk melakukan  kegiatan. 

Usai melakukan pengecekan pelaksanaan vaksinasi massal, Kapolda Jambi,  Irjen Pol. A Rachmad Wibowo mengatakan target penerima vaksin pada vaksinasi massal kali ini sebanyak 600 penerima yang terbagi dari beberapa gelombang. Pelaksanaan vaksinasi di UIN Jambi menjadi salah satu upaya untuk mencapai target vaksinasi di Provinsi Jambi. 

"Jumlah vaksin yang diterima Provinsi Jambi sampai saat ini berjumlah 1,1 juta vaksin, sebanyak 700 ribu  vaksin sudah didistribusikan,500 ribu vaksin dosis pertama dan 200 ribu vaksin dosis kedua , targetnya  terdapat 14.589 penerima vaksin  per hari,  atau dari total jumlah penduduk Jambi 3,6 juta jiwa sebanyak 75 persen harus tervaksinasi, saat ini realisasi baru 700 ribu vaksin, "katanya. 

Dengan vaksinasi dijelaskannya 'Herd Immunity' akan terbentuk sehingga tubuh memiliki kekebalan yang lebih baik untuk melawan virus. Pelaksanaan vaksinasi juga dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi Masnah Busro,Wakil Rektor II UIN STS Jambi, As’ad Isma, jajaran pimpinan Polda Jambi, serta jajaran pimpinan UIN STS Jambi.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021