Universitas Jambi (Unja) menyembelih sembilan ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi di Kampus Mendalo. 

"Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini merupakan pelaksanaan yang ke 27 digelar oleh Fakultas Peternakan Unja," kata Dekan Fakultas Peternakan Dr Agus Budiansyah di Jambi, Selasa.

Kegiatan tersebut sudah menjadi rutinitas tahunan di Fapet Unja yang dilaksanakan melalui FKI Fapet Unja. Dana untuk penyembelihan hewan kurban diperoleh dari peserta kurban yaitu pegawai, dosen dan ada juga yang dari pensiunan Unja.

Penyembelihan hewan kurban ini juga sebagai bentuk kepedulian Unja terhadap masyarakat sekitar dan pegawai Unja. Tahun ini jumlah sapi yang disembelih yaitu 9 ekor, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 8 ekor atau bertambah 1 ekor dari tahun sebelumnya.

"Daging hewan kurban kita bagikan kepada yang berhak, diantaranya kepada pegawai kontrak, satpam, tenaga kebersihan yang ada di Unja dan juga masyarakat sekitar kampus Unja," kata Budiansyah.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban FKI Fapet Unja, Arzalani menambahkan, pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di Fapet Unja merupakan wadah silaturahmi dalam menjalin keakraban antar civitas akademika. Pada kurban kali ini panitia telah membagikan sebanyak 610 kupon kepada yang berhak menerima paket daging kurban.

"Waktu pemotongan dan pembagian daging kurban kita tentukan waktunya, mulai dari pemotongan hingga pembagian daging kurban, dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19," kata Arzalani.

Untuk kesehatan sapi yang disembelih saat Idul Adha sudah diperiksa dari dokter hewan, sehingga kesehatan hewan kurban yang disembelih terjamin. Hal ini karena Fapet memiliki peternak binaan sehingga hewan kurban yang diperoleh dari mitra binaan tersebut yang selalu terkontrol kesehatannya.

"Kita juga punya klinik hewan untuk memfasilitasi masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan hewan, dan termasuk masyarakat yang punya peternakan juga bisa menghubungi Fapet," kata Arzalani.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah shalat Idul Adha yaitu mulai pukul 09.00 WIB. Dan pembagian daging kurban mulai pukul 14.00 WIB. Hadir saat penyembelihan hewan kurban yaitu Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja kaswari, M.Sc., Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Agus Budiansyah dan keluarga besar Fapet Unja.
Penyerahan daging kurban dari Universitas Jambi kepada penerima daging kurban, Selasa (20/7/2021). Universitas Jambi menyembelih sembilan ekor hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi. (Antara/HO/Humas Unja)

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021