Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan langkah Khoiron Fauzi, pelaku usaha rumahan "Y&R Gula Duren" untuk  mengawali produksinya membuat makanan olahan selain berbahan baku durian serta membuka lapangan pekerjaan baru.

"Susahnya mencari pekerjaan di masa pandemi saat ini, membuat saya  berinisiatif membuka usaha Gula Duren Jambi sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan," kata pemilik Y&R Gula Duren, Khoiron Fauzi di Jambi, Senin.
 
Produk rumahan Y&R Gula Duren Jambi berhasil menarik perhatian konsumen dari berbagai kalangan di Jambi.

Khoiron memaparkan pengalamannya membuka usaha baru dan membuka lapangan pekerjaan baru baik dalam proses produksi maupun rantai pemasarannya.

Kendati pandemi ia menyatakan tak takut untuk memulai usaha Gula Duren dalam produk selai tersebut.  Berwirausaha hal yang sangat penting adalah memberanikan diri untuk memulai, tidak pernah takut ataupun malu, mengenai resiko sudah menjadi hal biasa dalam dunia wirausaha.

"Saya percaya bahwa rejeki setiap orang sudah diatur oleh Tuhan," katanya.

Pada kesempatan itu, pria tersebut memaparkan  ide bisnisnya  bermula ketika ia sedang pulang ke kampung ke Sungai Manau Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Ia melihat aktifitas ibunya yang sedang membuat "lempok durian" atau lempok pakai tepung yakni sejenis dodol berbahan baku durian.

"Saat itu juga sedang musim durian, jadi saya kepikiran untuk membuka usaha gula durian, melihat di Jambi mempunyai peluang yang besar untuk ide bisnis ini," katanya.

Meski produk Y&R Gula Duren masih tergolong baru, namun sudah dikenal oleh masyarakat Jambi maupun masyarakat luar  Hal ini tak lepas dari strategi pemasaran yang digunakan oleh Khoiron.

“Komunikasi dan Relasi, dua hal yang sangat penting dalam berwirausaha. Kenapa saya katakan demikian? Karena ketika kita mempunyai ide tetapi tidak mampu mengkomunikasikan dengan baik maka ide kita tidak akan diketahui oleh orang," katanya.

Begitupun relasi, sangat berpengaruh dalam berbisnis yang mana semakin mudah memasarkan produk ketika banyak relasi yang dimiliki.

Buah kerja keras pemasarannya  itu, produk Y&R Gula Duren saat ini sudah dikenal oleh warga Jambi. Selain itu, Khoiron juga menggunakan akun Instagram dan Youtube sebagai media pemasaran produknya. Kini Y&R Gula Duren telah tersedia di Elmondo Coffee and Restaurant Jambi dan Kopi Juara.

Saat ini Y&R Gula Duren saat ini dikelola dan diproduksi bersama istrinya. Tak hanya merintis usahanya sendiri, dengan hadirnya Gula Duren ini Khoiron juga bekerja sama dengan petani aren di Jambi sebagai pemasok gula aren dalam produk olahannya tersebut.

Ia pun berbagi kiat dalam merintis usaha untuk tidak  pernah takut, malas dan  tidak pernah malu karena  bagian dari proses yang harus dilalui dalam kewirausahaan. Yakin dan percaya apapun latar belakang, bila bersungguh-sungguh rejeki dan keberhasilan akan mengikuti.

 

Pewarta: Agustina Eka Saputri

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021