Penyandang disabilitas Kota Jambi yang tergabung dalam Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Jambi menerima bantuan hibah berupa mesin jahit dari Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Sosial Kota Jambi, Rabu (29/9).

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, pemerintah Kota Jambi memberikan suport kepada penyandang disabilitas di Kota Jambi untuk tetap produktif. Bantuan berupa mesin jahit ini sebagai tindak lanjut dari bantuan pelatihan menjahit yang sudah diberikan oleh Pemkot kepada 15 penyandang disabilitas.

"Pemkot sudah memberikan bantuan mulai dari pelatihan menjahit hingga bantuan peralatan menjahit berupa mesin jahit," kata Fasha.

Kepala Dinas Sosial Kota Jambi, Noviarman menjelaskan, Dinas Sosial Kota Jambi sudah memberikan pelatihan khusus kepada penyandang disabilitas agar dapat berdaya saing di dunia kerja. Upaya ini dilakukan agar  dapat terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas  dan berdaya saing .

"Pelatihan dan bantuan mesin jahit ini untuk memberdayakan  teman-teman disabilitas agar memiliki keterampilan yang produktif, pemberian hibah mesin jahit ini sebanyak 15 paket,"ujar Noviarman.

Saat ini dikatakan Noviarman bahwa dinas sosial Kota Jambi pada saat ini sedang melakukan verval  terhadap jumlah disabilitas  Kota Jambi yang terdata sebanyak 1.351 orang. Pada 2021 pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Sosial Kota Jambi telah melakukan perhatian kepada  penyandang disabilitas antara lain pemberian bantuan dampak penutupan PPKM level IV berupa paket sembako sebanyak 30 paket, pemberian 100 paket makanan bagi anak bermasalah  sosial termasuk  anak penyandang disabilitas, penyaluran bantuan asistensi sosial penyandang disabilitas berat yang dilaksanakan  pada 15 sampai 17 September 2021 terhadap 42 orang di 7 kecamatan dalam Kota Jambi, memberi pelatihan menjahit selama 10 hari  terhadap 15 orang penyandang disabilitas  HWDI Kota Jambi .

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021