Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Tanjab Timur Provinsi Jambi mengikuti pelatihan bisnis ritel modern yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku  pengelola jaringan ritel Alfamart bersama dengan Dinas Koperasi dan UKM Tanjab Timur, Rabu (29/9).
 
Branch Manager Alfamart, Anang Sani, Rabu (29/9) mengatakan, pelatihan bisnis ritel modern ini bertujuan agar para pedagang atau pelaku UKM memahami manajemen ritel modern.
 
 “Materi yang diberikan untuk para pedagang antara lain, tips mengelola usaha ritel dengan sentuhan modern, tips mengatur persediaan (stock) barang, tips menata (mendisplay) barang, tips mengatur keuangan (cash flow) hingga product knowledge,” ungkapnya.
 
Tudingan yang ada selama ini, kehadiran ritel modern mematikan warung tradisional dikatakannya tidak benar.  Padahal jika dicermati, ritel modern memiliki segmentasi yang berbeda dengan warung tradisional. Jadi, keduanya bisa hidup dan berkembang secara berdampingan. 
 
“Kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan, menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil. Jadi intinya, kami ingin berkembang bersama UKM,” tuturnya.
 
Selain itu, dalam kegiatan ini perusahaan pengelola jaringan ritel ini juga  mengajak para pelaku UKM di Kabupaten Tanjabtim untuk dapat menjadi mitra Alfamart. 
 
“Disini memiliki produk khas yang sangat digemari pasar. Bukan tidak mungkin produk tersebut bisa pula dipasarkan di Alfamart,” tegasnya
 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Syahbudin mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut. Dirinya berharap agar pelaku UKM asal Tanjab Timur dapat dirangkul Alfamart  ke depan juga mengharapkan agar produk UKM Tanjab Timur juga dapat dipasarkan melalui Alfamart.
 
 "Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan pelaku UKM bisa bermitra dengan Alfamart. Ke depan Alfamart membantu pemasaran produk UKM Kabupaten Tanjabtim," katanya Syahbudin.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021