Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jambi menggelar sosialisasi tentang penguatan Pendataan Keluarga (PK) 2021 dan kelompok sasaran Program Bangga Kencana bersama anggota DPR RI Komisi IX, Sultan Adil Hendra, di Kantor Lurah Kenali Besar, Kota Jambi, Rabu (13/10).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim dalam kesempatan itu mengatakan, sosialisasi bersama Anggota DPR Ri Komisi IX yang merupakan mitra kerja BKKBN bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang PK 21.

Sosialisasi penguatan PK 2021 katanya sangat penting bagi pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga berencana atau Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya di Indonesia.

Selain data keluarga, pendataan juga menghasilkan data individu by name by address yang menjadi peta sasaran intervensi program yang dapat ditelusuri dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa sampai dengan tingkat RT/RW bahkan keluarga sebagai unit analisister kecil.

Basis data itu juga menghasilkan profil pasangan usia subur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun kecuali melalui pelaksanaan pendataan keluarga.

"Pendataan keluaraga 2021 diharapkan menghasilkan data yang berkualitas melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan dan keluarga," jelasnya.

Tidak hanya itu, PK 21 juga menghasilkan Indeks Pembangunan Keluarga (I Bangga) yaitu mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, di suatu wilayah yang terdiri dari 3 dimensi yaitu ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan selain itu juga menyediakan data dan informasi keluarga beresiko stunting.

"Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dukungan semua pihak untuk mensukseskan PK 21 agar kegiatan kita bisa berjalan dengan aturan yang ada dan menghasilkan data yang akurat, valid, relevan dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai dasar perencanaan kebijakan dan pelaksanaan operasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga anggota DPR RI, Dapil Jambi Sutan Adil Hendra, bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim, menyerahkan bantuan kepada peserta sosialisasi Pendataan Keluarga 2021 yang hadir.***


 

 

Pewarta: Dodi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021