Wakil Wali Kota Jambi H Maulana menghadiri  peluncuran program Perempuan Bersuara Mengawasi  Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sekaligus MoU antara Fatayat NU dengan Pemerintah Kota Jambi. 

Acara launching tersebut berlangsung di Aula Rumah Dinas Wakil Wali Kota Jambi, di Kecamatan Alam Barajo, Kelurahan Mayang Mangurai, Kota Jambi, Sabtu (16/10).

"Selaku garis komandonya, kami diberikan mandat oleh negara untuk mengkoordinasikan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan," kata Maulana saat diwawancarai. 

Dia juga menyampaikan bahwa Program Perempuan Bersuara Mengawasi JKN - KIS ini merupakan jihad dan perjuangan untuk membantu warga yang kurang mampu menjadi mampu. 

"Dalam rangka meningkatkan ketersediaan layanan masyarakat terutama bagi perempuan dan anak, saya selaku koordinator tim penanggulangan kemiskinan, berupaya dimulai dari menurunkan beban pengeluaran rumah tangga seperti, bantuan program pangan langsung, jaminan gas rumah tangga serta pemberdayaan usaha-usaha," tambahnya. 

Selain Wali Kota Jambi, acara ini juga dihadiri oleh PP Fatayat NU Pusat, PP Fatayat NU Jambi,  Organisasi Perangkat Daerah Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Sosial, Direktur RS. Abdul Manap Jambi serta Camat dan Lurah Kota Jambi.

Sri Rahayu selaku perwakilan Fatayat NU Kota Jambi mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Wali Kota Jambi  karena telah mendukung Program Perempuan Bersuara Mengawasi JKN - KIS tersebut. 

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Wakil Wali Kota Jambi serta OPD yang sudah mensuport kami. Melalui program ini, kami akan benar-benar menjalankan tugas sebagai organisasi kemasyarakatan salah satunya dengan melakukan strategi pendampingan terhadap perempuan dan anak," kata Sri Rahayu. 

Program tersebut diluncurkan oleh Fatayat NU bekerjasama dengan Yayasan AKATIGA yang didanai oleh Bank Dunia dan akan berjalan selama empat tahun. 

Di tahun pertama peluncuran program ini Fatayat NU memfokuskan ke lima Kecamatan di Kota Jambi, yaitu Kecamatan Telanaipura, Kecamatan Danau Teluk, Kecamatan Danau Sipin, Kecamatan Alam Barajo dan Kecamatan Jambi Selatan.

 

Pewarta: Sarifah

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021