Gubernur Jambi H Al Haris meminta agar generasi muda untuk meningkatkan rasa cinta tanah air serta berkiprah maksimal untuk kemakmuran bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Al Haris saat menjadi  narasumber bagi peserta Bujang Gadis Provinsi Jambi Tahun 2021.

Dalam kesempatan ini Gubernur berdialog langsung dengan para peserta dan memberikan motivasi untuk menunjukkan kecintaan terhadap Negeri Jambi, dengan menjadi duta memperkenalkan Jambi di tingkat Nasional bahkan internasional.

"Tujuan dari pemilihan Bujang Gadis ini yang pertama bukan mencari gantengnya, mencari cantik, tetapi kita ingin melihat kecintaan anda pada negeri anda sendiri,” kata Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan bahwa para peserta juga diharapkan memiliki wawasan kebangsaan dan memahami perjuangan para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan mempersatukan seluruh nusantara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Al Haris memaparkan, sebelumnya nusantara terpisah-pisah, ada kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Sriwijaya, dan banyak lagi kerajaan kerajaan, lalu muncullah Patih Gajah Mada, yang bersumpah untuk mempersatukan nusantara ini, kemudian puncaknya adalah Budi Utomo, gerakan yang dibentuk oleh Dokter Wahidin Sudiro Husodo, dia mulai membuat kelompok ataupun namanya Budi Utomo.

"Kemudian dari Budi Utomo itu puncaknya adalah Sumpah Pemuda yang pada bulan 28 Oktober ini akan kita peringati ,” kata Gubernur menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021