Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi meluncurkan Program Sedekah Dua Puluh Ribuan Satu Bulan (Durian) untuk membantu menyejahterakan masyarakat.

"Baznas Provinsi Jambi meluncurkan program sedekah 'durian' untuk mendukung program pembangunan di Jambi," kata Ketua Baznas Provinsi Jambi Hasan Basri di Jambi, Kamis.

Hasan Basri menjelaskan program sedekah 'durian' diluncurkan sesuai dengan amanat UU Nomor 23 Tahun 2011 Pasal 21 tentang pengelolaan zakat. Terdapat lima program pemerintah yang di dukung Baznas Provinsi Jambi melalui sedekah durian tersebut, di antaranya program Jambi Sehat, Jambi Cerdas, Jambi Sejahtera, Jambi Peduli dan Program Jambi Taqwa.

Dari empat juta lebih penduduk di Provinsi Jambi, Baznas menargetkan 100 ribu orang ikut serta menjadi munfiq atau orang yang berinfak. Dengan 100 ribu orang yang berinfaq, maka Banzas Provinsi Jambi dalam satu bulan dapat mengumpulkan uang sedekah sebesar Rp2 miliar.

"Jadi dalam satu tahun dapat terkumpul Rp24 miliar, belum termasuk dana sedekah dan zakat lainnya, harapannya program ini dapat berjalan dengan baik," kata Hasan basri.

Masyarakat yang ingin menjadi munfiq dalam Program Sedekah Durian Baznas Provinsi Jambi dapat menyalurkannya bisa secara langsung dan melalui uang elektronik. Secara langsung bisa menyalurkan ke kantor Baznas dan ke kotak-kotak amal yang disebar Baznas Provinsi Jambi.

Menggunakan uang elektronik dapat di kirim melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan transfer ke rekening Baznas Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris berharap program sedekah "durian" tersebut mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Karena uang sedekah yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk menyejahterakan masyarakat.

Kemudian Al Haris menyarankan agar Baznas Provinsi Jambi dapat mengejar munfiq-munfiq dari karyawan-karyawan perusahaan, sehingga program tersebut akan berjalan dengan lebih efektif.

"Durian itu filosofinya kalau buah durian jatuh dari pohonnya tidak dikejar, maka tidak akan dapat buahnya, maka dari itu Baznas di harapkan dapat mengejar munfiq-munfiq, terutama karyawan-karyawan dari perusahaan dan instansi BUMN," kata Al Haris.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021