Komisi IV DPRD Provinsi Jambi minta Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk serius dalam memperjuangkan Candi Muara Jambi masuk dalam daftar UNESCO.

“Saya sebelumnya telah meminta kepada Dinas Pariwisata agar serius memperjuangkan Candi Muara Jambi masuk dalam daftar UNESCO. Kalau kendalanya masalah anggaran, silahkan nanti ajukan anggaran untuk mengurus itu semua ke Komisi IV dan akan saya perjuangkan di Banggar DPRD,” kata Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Kamaludin Havis, Senin (08/11).

Havis menyebutkan bahwa potensi yang dimiliki Candi Muara Jambi apabila telah terdaftar di UNESCO sangat banyak. Selain bisa meningkatkan PAD daerah, kawasan candi juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kalau Candi Muara Jambi masuk daftar UNESCO, kawasan tersebut bisa menjadi pusat peradaban Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dengan demikian masyarakat setempat bisa memanfaatkan itu semua yaitu dengan berjualan, memasarkan produk daerah kepada para wisatawan untuk menjadi oleh-oleh. Dan Pemda juga bisa meningkatkan pendapatan baik dari segi perhotelan maupun visa,” kata Havis.

Sebab itu, ia berharap agar pemerintah daerah baik itu kabupaten maupun provinsi agar bersinergi bersama untuk memajukan dunia pariwisata di Jambi.***

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021