Medali emas  lempar cakram klasifikasi F56 putra yang diraih atlet NPC Jambi, Abdul Hamid di Peparnas XVI Papua dikalungkan langsung oleh sang istri Eka Rosa Hybira.

Hal itu dilakukan  pada upacara penyerahan  medali emas di Stadion Lukas Enemba, Jayapura, Papua.

"Pengalungan emas untuk atlet Jambi dilakukan Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Eka Rosa Hybira yang adalah istri Abdul Hamid," kata Offisial Kontingen Jambi di Papernas XVI, Muhammad Usman melalui keterangan resminya yang diterima Antara di Jambi , Kamis.

Kontingen Jambi kembali menambah dua medali emas, satu perak dan tiga perunggu
pada Pekan Paralimpik Nasional ke-XVI di Papua, medali tersebut disumbangkan oleh atlet cabang olahraga atletik dan judo.

Medali emas lainnya juga disumbangkan oleh atlet berklasifikasi F20 Lidyawati merebut medali emas dari cabang olahraga atletik nomor pertandingan lempar cakram putri dan ditempat yang sama, atlet tuna grahita klasifikasi F20 Bambang berhasil meraih medali perak di nomor pertandingan lempar lembing putra dan perunggu disumbangkan  atlet Jambi lainnya Arahman.

Satu medali perunggu lagi dipersembahkan Dian Suryanto dimana atlet tuna rungu wicara klasifikasi F54 ini berada di urutan ketiga dalam nomor tolak peluru putri, sementara itu dari Gedung Trikora, Jayapura, atlet judo Roito Cornelius berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Jambi.

Berklasifikasi B3, Roito turun di kelas 73 kg itu di semifinal Roito dikalahkan atlet tuan rumah Papua, namun di perebutan juara ketiga Roito berhasil menyingkirkan atlet Jawa Barat Rohmat Abdul Rohim dan berhak atas medali perunggu.

Dengan tambahan medali ini, hingga hari kelima kemarin total perolehan medali kontingen Jambi adalah enam medali emas, delapan medali perak, dan sembilan medali perunggu, untuk sementara kontingen Jambi menempati posisi ke-9 dari 33 kontingen yang mengikuti Peparnas XVI/2021 di Papua.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021