Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi COVID-19 secara bertahap mulai dilakukan untuk meningkatkan kembali kualitas belajar agar maksimal dan lebih terukur hasilnya.

Pemerintah menerapkan prinsip memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dalam penyelenggaraan pendidikan dengan mempertimbangkan tumbuh kembang anak dan hak anak.

Berdasarkan hal ini Pemerintah mengambil kebijakan salah satunya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT). Pada pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) diintegrasikannya dengan pembelajaran daring  agar tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal.


Mendeskripsikan Hewan

Salah satu contohnya pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VI SDN 003/V Kuala Tungkal Kabupaten Tanjabbar Provinsi Jambi, dengan melakukan pendekatan memanfaatkan benda yang ada di sekitar sekolah.    

Mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek di lingkungan sekitar  menjadi salah satu cara yang baik dalam melatih kemampuan Bahasa Inggris, salah satu objek sederhana yang bisa dijadikan bahan gambaran adalah hewan. Lalu bagaimana cara mendeskripsikan hewan atau “How to describe animals” dalam Bahasa Inggris?.

Describing animals artinya menggambarkan/mendeskripsikan seekor hewan, perlu mencari informasi bagaimana penampilan fisik hewan tersebut, baik dari mata, telinga, mulut, bentuk tubuh dan sebagainya. Selain itu kita perlu mencari informasi mengenai prilaku dan kebiasaan hewan tersebut.

Sebelum memulai pembelajaran di sekolah, terlebih dahulu menyampaikan informasi melalui Whatsapp Group (WAG). Informasi tentang tujuan pembelajaran alat dan bahan yang dibutuhkan mengirimkan bahan bacaan dan menyampaikan informasi tentang pembagian kelompok saat pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kemudian membagi siswa dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 orang agar lebih mudah dalam menjaga jarak ketika berpraktik. Kemudian masing-masing kelompok mempersiapkan satu gambar hewan yang akan dideskripsikan.

Skrenario Pembelajaran

Sebelumnya dilakukan pembuatan  skenario pembelajaran dan mempersiapkan media pembelajaran. Pada kegiatan awal pembelajaran mengajak siswa berdoa agar kegiatan pembelajaran hari ini memberi manfaat dan menambah pemahaman kepada meraka.

Selanjutnya menyapa dan mengabsen kehadiran siswa serta memberi motivasi sebagai penyemangat untuk memulai kegiatan pembelajaran. Untuk membuka kembali wawasan siswa,  menggali kembali pemahaman mereka tentang nama-nama hewan dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Pada kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan mengemukakan suatu masalah dalam bentuk pertanyaan yaitu bagaimana mendeskripsikan hewan? Kemudian siswa diminta menjelaskan bardasarkan pengetahuan awal yang mereka dapat dari teks bacaan yang sudah kirimkan di Whatsapp Group (WAG).

Mengembangkan Kreatifitas Siswa

Selanjutnya pada kegiatan inti menunjukkan sebuah gambar hewan beserta ciri-cirinya. Setelah semua siswa sudah memahami kemudian menugaskan siswa secara berkelompok untuk berdiskusi mendeskripsikan salah satu gambar hewan yang telah disiapkan oleh kelompok masing-masing. Selesai berdiskusi, perwakilan siswa dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya kemudian siswa dari kelompok lain menanggapinya.  

Kelompok satu mendeskripsikan ciri-ciri kuda, kelompok dua menanggapi yaitu “saran untuk kelompok satu untuk bisa menambahkan deskripsi yang lebih spesifik lagi, contohnya bagaimana prilaku dan kebiasaan hewan tersebut, kata Sasna salah satu perwakilan dari kelompok dua”.

Kelompok dua mendeskripsikan Burung Kakak Tua, dengan menjelaskan “bagaimana karakteristiknya, makanannya dan tempat tinggalnya”. Dilanjutkan kelompok tiga mendeskripsikan katak dan kelompok empat mendeskripsi lumba-lumba”. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian.

Di akhir pembelajaran beberapa siswa harus untuk menyimpulkan pembelajaran yang diperolehnya dan pengajar memberikan penguatan untuk refleksi. Siswa menjawab pertanyaan apa yang sudah dipelajari dan bagaimana perasaan mereka mengikuti pembelajaran. Dari refleksi siswa dapat disimpulkan bahwa mereka senang melakukan pembelajaran itu.




Oleh : Shinta Nola, S.Pd, Guru SDN 003/V Kuala Tungkal, Jambi/
Guru Mitra Program PINTAR Tanoto Foundation

 

Pewarta: Shinta Nola

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021