Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan faktor geografis dan cuaca di Sumbar mempengaruhi capaian vaksinasi di daerah tersebut.

"Kondisi geografis yang beragam menjadi kendala tersendiri dan ini harus dilakukan bersama terutama Forkopimda dalam menyukseskan program vaksinasi," kata dia dalam keterangan tertulis di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masalah ini harus dicarikan solusi bersama, karena dengan adanya kerja sama yang baik maka akan ada solusi bersama bagaimana Forkopimda sukses meningkatkan capaian vaksin di daerah.

Menurut dia terdapat tiga unsur yang berpengaruh dalam pencapaian vaksinasi yaitu kesadaran masyarakat, ketersediaan vaksin, dan vaksinator.

Meski hal tersebut sudah terpenuhi namun belum tentu menjamin pula karena yang sangat penting adanya sinergi Forkopimda di daerah.

"Kenapa vaksinasi di Sumbar sebelumnya rendah, karena jalan sendiri-sendiri. Setelah beberapa kali kita giatkan SUMDARSIN, bisa disaksikan saat ini capaian Sumbar sudah naik," terangnya.

Dirinya berharap agar pemerintah kota dan kabupaten saling bersinergi untuk mencapai capaian yang diinginkan.

"Manfaatkan segala bentuk kesempatan yang ada, berdayakan tokoh masyarakat, adat, agama dan lain sebagainya," kata dia.

Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Putra meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh pada Sabtu (20/11).

Pewarta: Mario Sofia Nasution

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021