Pemerintah Provinsi Jambi mendorong orang tua untuk dapat berperan meningkatkan kecintaan anak-anak untuk maka ikan, mengingat ikan kaya akan gizi dan protein yang dibutuhkan anak-anak.

"Orang tua memiliki peran yang besar agar anak-anak suka makan ikan, untuk ibu-ibu buat inovasi olahan pangan berbahan ikan yang di sukai anak-anak," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, Jumat.

Orang tua dapat berinovasi untuk membuat makanan berbahan dasar ikan. Mulai dari bakso ikan, nuget ikan, mie ikan dan panganan lainnya.

Selain itu Pemerintah Provinsi Jambi mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu untuk memproduksi olahan berbahan ikan agar masyarakat lebih gemar memakan ikan.

Sudirman menghimbau dinas perikanan dan kelautan Provinsi Jambi dan dinas perikanan kabupaten dan kota untuk terus melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha olahan pangan berbahan ikan.

Dicontohkan Sudirman, sejumlah olahan pangan berbahan ikan yang sudah di produksi di Jambi diantaranya dendeng ikan, bakso ikan, keripik ikan, abon ikan dan produk pangan lainnya.

"Perlu pembinaan terhadap pelaku usaha dan tidak hanya pembinaan, jika ada bantuan modal dapat diberikan untuk merangsang pelaku usaha memproduksi olahan pangan berbahan ikan tersebut," kata Sudirman.

Diharapkan bantuan yang diberikan kepada pelaku usaha dilakukan secara merata. Selain itu bantuan tersebut di harapkan dapat mendorong pelaku usaha olahan pangan ikan berkembang dan bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Sehingga tidak hanya pelaku usaha tertentu saja yang berkembang.

Pemerintah Provinsi Jambi juga mendorong agar masyarakat gemar memakan ikan karena ikan kaya akan gizi dan protein, terutama gizi dan protein yang dibutuhkan anak-anak.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi Tema Wisman mengatakan pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang ke-8 Pemerintah Provinsi Jambi mendorong dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk gemar memakan ikan. Sebab saat ini angka konsumsi ikan di Provinsi Jambi masih berada di bawah nasional.

Angka konsumsi ikan Provinsi Jambi saat ini yakni 39,34 kilogram per kapita. masih di bawah angka konsumsi ikan secara nasional, yakni 45 kilogram per kapita.

"Sejumlah kegiatan peringatan Harkannas dilakukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar memakan ikan," kata Tema Wisman.

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya kampanye gemar ikan, masak serba ikan dan pameran olahan pangan berbahan ikan.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021