Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengatakan satu rumah di Desa Manjuto Jaya, Kecamatan Air Manjuto, rusak tertimpa pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang, Selasa sore.

"Kami menerima laporan kejadiannya pada Selasa sore sekitar pukul 06.15 WIB. Pohon berukuran besar tumbang menimpa satu rumah warga Desa Manjuto Jaya Kec. Air Manjuto," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima oleh instansi ini pohon berukuran besar tersebut tumbang akibat badai beserta hujan melanda wilayah ini.
 
Akibat kejadian tersebut, ia mengatakan, hampir sebagian besar bangunan rumah milik Aisyah (55) warga Desa Manjuto Jaya mengalami rusak parah dan tidak bisa ditempati lagi.
 
Selain itu, katanya, Aisyah pemilik rumah yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang tersebut mengalami cidera pada lengan dan bahu akibat tertimpa material bangunan rumahnya.
 
"Identitas korban pohon tumbang yakni Aisyah pekerjaan petani dan anak korban bernama Koswara (19), pelajar di sekolah daerah ini," ujarnya pula.
 
Ia menyebutkan, kerugian materi akibat musibah pohon tumbang di Desa Manjuto Jaya, Kecamatan Air Manjuto tersebut ditafsirkan lebih kurang Rp25 juta.
 
Selanjutnya ia meminta kepada warga masyarakat di Desa Manjuto Jaya dan masyarakat di kabupaten ini untuk mewaspadai pohon tumbang akibat badai beserta hujan melanda wilayah ini.
 
"Sebaiknya warga di daerah ini menjauhi pohon besar pada saat badai dan hujan lebat melanda wilayah karena risikonya pohon bisa tumbang saat cuaca ekstrim," ujarnya pula.
 
Sementara itu, pihak keluarga Aisyah berharap pemerintah memberikan bantuan kepada keluarga warga korban rumah rusak tertimpa pohon tumbang karena bangunan rumah tersebut tidak bisa ditempati lagi.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021