Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)  2022 di Provinsi Jambi berlangsung sukses digelar di Kawasan Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (19/1) dan  mendapatkan apresiasi dari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan yang menegaskan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian.

"Kita ingin ekonomi kita jalan, tulang punggung ekonomi kita sebenarnya adalah UMKM," kata Menko Marves Luhut  Panjaitan saat  menghadiri Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia itu. Gernas BBI di Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (19/1).

Sejalan dengan program Gernas BBI 2022 yang akan memperkuat ekosistem digital pada UMKM, Luhut menyebutkan sejak adanya Gernas BBI ini jumlah UMKM go digital di Indonesia terus meningkat. Saat ini sudah mencapai 17,2 juta UMKM "go digital" dari target sebanyak 30 juta pada tahun 2023.

"Backbone ekonomi kita ini UMKM, ini menjadi perhatian  pemerintah," ujarnya.

Dalam sambutannya, Luhut juga menyebutkan peran penting Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah (LKPP) dalam program Gernas BBI 2022.   Dirinya berharap LKPP di bawah kepemimpinan Abdullah Azwar Annas bisa berkolaborasi dalam program Gernas BBI.

"Jadi sekarang dengan adanya Gernas BBI  ke depan kita masukan ke LKPP, sehingga LKPP akan memainkan perannya yang sangat penting bekerjasama dengan lokal," katanya.

Dalam pembukaan Gernas BBI 2022 dan  Bangga Berwisata di Indonesia (BWI) 2022 ini Menko Luhut juga mengapresiasi konsep peluncuran Gernas BBI 2022 di Jambi yang menggunakan hiasan tanaman lokal Jambi yakni tanaman resam sebagai dekorasi.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022