Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat merupakan Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi, memiliki Jarak 157,2 km dari Kota Jambi ke Kabupaten Tanjab Barat dan 124 km ke kabupaten Tanjab Timur. Kedua Kabupaten ini memiliki daya tarik tersendiri.

Kabupaten yang sama-sama memiliki perkebunan yang luas ini mampu menghasilkan pinang, kelapa, sawit dan berbagai jenis tumbuhan lainnya sebagai sumber utama penghasilan masyarakatnya.

Selain itu potensi dari sektor pariwisata di kedua Kabupaten ini mulai berkembang, dan mulai banyak di promosikan oleh pemerintah maupun warga yang tinggal di kedua kabupaten ini.

Berikut 5 wisata yang ada di Tanjung Jabung:

1. Taman Nasional Berbak
Menjadi tempat konservasi terluas di Asian Tenggara, Taman Nasional Berbak ini berada di 12,5 meter di atas permukaan laut. Dengan curah hujan 2.300 mm setiap tahunnya kawasan hutan rawa ini terdiri dari rawa gambut dan air tawar sehingga membuatnya sangat unik. Temperatur tempat ini ada diantara 25-28 derajat celsius.

Taman Nasional Berbak luasnya 100.000 hektar lengkap dengan berbagai flora fauna yang sangat banyak. Ada 261 jenis tanaman yang terdiri dari 73 famili, diantaranya terdapat 23 jenis pepohonan palem dan pandan yang jenisnya ada 10 buah. Sedangkan untuk faunanya terdapat 224 jenis burung, 28 mamalia, 44 fauna jenis reptil dan 35 jenis lainnya masih ada di Taman Nasional Berbak. Memang tempat ini sangat asri dan jarang tersentuh manusia. Pelestarian Taman Nasional Berbak terjaga dalam undang-undang yang disahkan oleh pemerintah. Jadi tidak ada pemburuan liar atau hukuman taruhannya. Taman Nasional Berbak berada di Jalan Yos Sudarso Km 4 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Siapapun yang ingin mengunjungi tempat ini harus melapor terlebih dahulu supaya bisa menikmati keindahan alam dan merasakan keasriannya

2. Kampung Laut
Kampung laut cukup terkenal diberbagai daerah karena berbagai biota lautnya yang sangat menawan. Bahkan yang paling terkenal adalah tradisi menutik atau mansing sumbung, yaitu sebuah tradisi untuk memancing kerang hitam atau kerang laut.

Tradisi ini selalu dilakukan oleh masyarakat kampung laut setiap satu tahun sekali. Keceriaan ini dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat di Tanjung Jabung Timur saat air laut sedang surut dan berlangsung selama 1 minggu.

3. Pantai Cemara
Objek wisata lain yang ada di kabupaten Tanjab Timur adalah pantai Cemara. Selain indah, pantai ini juga sebagai tempat migrasi berbagai jenis burung dari banyak belahan dunia. Maka tidak heran jika beberapa peneliti hewan terutama burung sering melakukan penelitian di tempat ini. 

Daerah pantai cemara ini jauh dari pemukiman warga. Tidak ada penginapan di dekat pantai cemara, namun bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang, berkemah di pantai cemara adalah pilihan sangat tepat. Dengan luas 450 hektar sebenarnya pantai cemara tidak jauh dari Taman Nasional Berbak namun karena aksesnya yang sulit maka tidak ada warga yang tinggal disana.

4. Tungkalan Ancol Beach
Di Tanjung Jabung Barat  terdapat tempat wisata bernama Tungkalan Ancol Beach, yang dibangun di atas tanah seluas 1 hektar.

Wisata ini menyuguhkan beberapa tempat bermain bagi anak-anak, tempat ini juga sering dilaksanakan event tertentu di hari libur maupun perayaan lainnya. Tempat wisata Tungkalan Ancol Beach ini bisa dikunjungi oleh siapapun tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Tungkalan Ancol Beach berada di jalan pelabuhan Marina Kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Disini kita juga bisa berwisata kuliner dan menikmati berbagai macam menu masakan khas Jambi.

5. Bukit Senyum
Destinasi wisata lainnya yang wajib dikunjungi saat berada di Tanjung Jabung Barat adalah bukit senyum di Area Petrochina Pematang Lumut Kecamatan Betara. Sama dengan namanya, siapa saja yang mengunjungi tempat ini akan dibuat tersenyum dengan pemandangan gemerlap lampu kota.

Di atas bukit ini, tampak cantik kawasan perkotaan yang dihiasi berbagai warna lampu, jadi akan lebih menarik jika mengunjungi bukit senyum di malam hari. Ketenangan dan kedamaian bisa dirasakan jika berada di lokasi ini karena jauh dari hiruk pikuk kota.

Selain menikmati wisata yang ada di sekitaran Tanjab Timur dan Tanjab Barat, kita juga bisa menikmati kuliner khas daerah tersebut seperti buras, ikan malung bakar, tapai ketan hitam (gambang), ikan senangin bakar, serta yang lainnya yang dapat kita jumpai di kedua kabupaten tersebut.
 

Pewarta: Nabira

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022