Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten yang berada di bagian paling barat Provinsi Jambi, Indonesia.Untuk menuju Kabupaten Kerinci memerlukan jarak 424,1 km melewati jalan Sarolangun-Muara Tembesi. 

Daerah ini merupakan daerah wisatanya Provinsi Jambi, sehingga dikenal dengan sebutan sekapal tanah dari surga. 

Banyak tempat wisata yang bisa bisa kita kunjungi di Kabupaten Kerinci, baik dengan keluarga, teman atau sendirian. Berikut tujuh  tempat wisata yang bisa dikunjungi :

1. Danau Kerinci

Tempat Wisata Kerinci yang wajib dikunjungi  yaitu Danau Kerinci. Terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci menjadikan banyak wisatawan berkunjung disini. Danau yang sangat luas dengan luas 4.200 Ha dengan kedalaman 110 M berada di ketinggian 783  mdpl dengan diameter keliling danau sepanjang 70 km menjadikannya danau yang terluas kedua setelah Danau Toba. Pemandangan yang sangat indah menjadikan tempat ini wajib dikunjungi.

Perahu masyarakat yang berderet  di atas danau menjadi pemandangan indah tersendiri. Sebab danau ini selain menjadi mata pencaharian sebagian nelayan masyarakat disini juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum warga.

Selain itu jika anda berencana mengunjungi danau ini maka anda bisa membawa pancing, untuk memancing di danau ini. Kemudian bisa berenang dan berkemah bersama keluarga bahkan saat ini kita bisa mencoba menaiki perahu perahu yang disewakan.

2. Kebun Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Aro merupakan kebun teh tertua di Indonesia, kebun teh ini memproduksi teh hitam yang disebut menjadi salah satu teh terbaik di dunia. Selain itu, kebun teh ini juga menjadi tempat wisata dengan keindahan hamparan pohon teh dan Gunung Kerinci.

Kebun teh yang merupakan peninggalan sejak zaman Belanda ini, kini telah dibuka sebagai tempat wisata. Hamparan kebun teh, dengan warna hijau menjadi pemandangan yang indah di kaki Gunung Kerinci. Tak hanya itu, wisatawan pun bisa turut memetik daun teh langsung di Perkebunan Teh Kayu Aro ini.

Lokasi Kebun Teh Kayu Aro ini berada tepat di kaki Gunung Kerinci, sehingga tak sulit bagi wisatawan untuk mencapainya. Pengunjung bisa menggunakan rute menuju ke Gunung Kerinci, dari Kota Sungai Penuh jaraknya sekitar 43 kilometer dan bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih satu jam.

3. Swarga Lodge and Homestay 

Selanjutnya sebelum berkunjung ke wisata gunung Kerinci jika butuh tempat istirahat ada hotel yang menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga bentuk bangunannya yang sangat unik dan merupakan perpaduan arsitektur rumah tradisional Lombok dan Kerinci. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, ditambah dengan posisi teras Lodge (balcony) yang berhadapan langsung dengan Gunung Kerinci dengan ketinggian 3805 mdpl. Itulah keunggulan yang mungkin tidak dimiliki daerah lain di Kerinci atau daerah lain di Indonesia.

harga atau tarif menginap di Swarga sangatlah terjangkau. Karena pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Swarga Lodge adalah fasilitas hotel bintang lima. Selain itu Swarga juga menyediakan tempat perkemahan dengan beberapa fasilitas terbaiknya.

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. Pada puncak Gunung Kerinci, dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat Rawa Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatra. Di belakangnya terdapat Gunung Tujuh dengan kawah yang hampir tak tersentuh.

Gunung Kerinci merupakan salah satu destinasi wisata pendakian yang cukup populer di kalangan para pendaki. Hal ini karena jalur pendakian Gunung Kerinci dirasa cukup mudah untuk diikuti dan memiliki rute yang jelas.

5. Air Terjun Telun Berasap

Jika anda dari Gunung Kerinci maka tak ada salahnya untuk mampir ke Air Terjun Telun Berasap yang cantik ini. Letaknya yang dekat dengan kawasan Gunung Kerinci menjadikan para pendaki dapat menikmati indahnya air terjun ini. Nama Telun berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit yang tinggi, sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya.

    Berada di kawasan TNKS aliran air terjun berasal dari sungai yang berhulu di Dana Gunung 7. Keindahan akan air terjun yang sekilas berbentuk asap menambah keeksotisan Air Terjun Ini. Banyak yang mengatakan dibalik air terjun ini terdapat Goa yang hingga kini belum ada yang berhasil memasukinya disebabkan derasnya debit air. 

6. Bukit Khayangan

Bukit Khayangan seperti Negeri Di Atas Awan, itu julukan yang tepat disematkan kepada Bukit Khayangan. Bukit Khayangan memiliki ketinggian sekitar 2000 mdpl, serta lokasinya berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat. Bukit ini merupakan rangkaian dari bukit barisan yang mengelilingi sebagian wilayah Kerinci. Tampak indah ketika berada di atasnya, jika cuaca terang maka pengunjung dapat melihat sebagian wilayah Kerinci dari atas dengan indah, dan apabila cuaca mendung serta berkabut maka pemandangan seolah-olah pengunjung sedang berapa di Negeri Di Atas Awan.  

Bukit Khayangan bisa menjadi pilihan wisata anda, karena terdapat beberapa keunggulan dari Bukit Khayangan seperti sensasi wisata di atas awan, terdapat gazebo, spot foto yang bagus,  kantin, bahkan taman bermain yang bisa kita nikmati bersama keluarga. Bukit yang terletak di Desa Renah Kayu Embun, tidak terlalu jauh dari desa Sei Penuh. Puncak bukit khayangan memiliki tinggi kurang lebih 1.500 mdpl yang dapat ditempuh dengan waktu 1,5 jam dari Kota Sungai Penuh. 

Jalan menuju Bukit Khayangan sudah sangat bagus, namun berkelok, dan pas untuk 2 mobil kiri dan kanan. Jadi para pengunjung jangan terlalu bersemangat injak gas ya.

7. Danau Kaco

Danau Kaco memiliki air yang bening dan kebiruan. Terletak di ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut menjadikan danau ini salah satu objek wisata yang paling diburu oleh para wisatawan. Keelokan danau nan biru dan bening memanjakan mata pengunjung untuk melihat Ikan Semah yang jumlahnya ribuan berlalu lalang mengitari kedalaman danau. Ukuran Danau Kaco memang tak begitu besar hanya sekitar 30 x 30 Meter, namun keindahannya memaksa para wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati keindahannya.

Pada malam hari, pesona Danau Kaco makin kentara. Apalagi, pada saat bulan purnama. Cahaya bulan yang terang, membuat air di Danau Kaco lebih bercahaya. Pemandangannya tampak seperti cahaya besar yang diarahkan ke langit. Karena itulah, di tempat ini beberapa pengunjung sering berkemah, terutama saat Purnama.

Ada satu hal yang kini masih menjadi misteri Danau Kaco yaitu kedalamannya. Sebab peneliti sudah mencoba untuk mengetahui dasar danau tersebut, namun cadangan oksigen selalu keburu habis sebelum peneliti mencapai dasar. Sehingga kini tak ada yang tau pasti berapa kedalaman Danau Kaco nan indah ini. Danau Kaco ini terletak di Sei Penuh, Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Yang apabila dari pusat kota Sungai Penuh dapat ditempuh dengan waktu 45 menit menggunakan motor. Selanjutnya untuk mencapai lokasi Danau Kaco pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 4-5 jam menyusuri hutan. 

Selain menikmati wisata yang ada di Kabupaten Kerinci kita juga bisa menikmati beberapa kuliner khas Kabupaten Kerinci seperti lemang kantong semar, soto semurup, gulai ikan semah, dodol kentang, ketan durian, nasi beras payo dan lainnya.


 

Pewarta: Sherina

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022