Wisatawan Candi Muaro Jambi akan semakin mudah mengunjungi candi kebanggan masyarakat Jambi ini dalam waktu dekat pasalnya saat ini Bandara Sultan Thaha Jambi bersama Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan Provinsi serta Bank Jambi akan menyediakan transportasi umum dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Candi Muaro Jambi. 
 
EGM Bandara Sultan Thaha Jambi, Siswanto, mengatakan saat ini baru saja pihaknya melakukan test rute dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Candi Muaro Jambi.
 
"InsyaAllah dalam waktu dekat, Alhamdulillah rencana ini disambut baik Pemerintah Provinsi Jambi, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi juga suport dari Bank Jambi ,"kata EGM Bandara Sultan Thaha Jambi.
 
Dirinya menerangkan dengan adanya transportasi umum untuk rute Bandara Jambi menuju Candi Muaro Jambi akan meningkatkan pariwisata di kawasan tersebut. Dimana para pelancong dari luar Kota memiliki akses yang mudah untuk mencapai kawasan Candi Muaro Jambi.
 
"Tujuannya untuk nambah wisatawan, jadi bisa lebih mudah ke candinya, ini bukan saja untuk penumpang bandara ya namun juga bisa digunakan masyarakat umum tinggal parkir kendaraan di Bandara terus ke Candinya naik Trans Siginjai, lebih hemat,"jelasnya 
 
Untuk tahap awal ini pihaknya akan menyediakan dua bus untuk rute tersebut. Penumpang bisa menikmati wisata ke Candi Muaro Jambi dengan lebih mudah, aman dan murah dengan adanya fasilitas bus tersebut. Nantinya satu bus akan standby di Bandara dan satu bus lagi standby di Candi Muaro Jambi dan bergantian mengantar jemput penumpang dan tidak ada pemberhentian dijalan.
 
"Awal ini kita kasih gratis dlu, tapi nggak tahu sampai kapan gratisnya nanti untuk transaksinya kerjasama dengan Bank Jambi,"terangnya.
 
Sementara itu untuk jadwal keberangkatan bus ini, diakuinya belum final. Pihak Bandara masih akan terus melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi dan Bank Jambi untuk pengoperasian bus.
 
"Kami targetkan launchingnya bulan ini, mudah-mudahan bisa terwujud dalam Minggu ini, desain bus sudah hampir selesai,"terangnya.
 
Penyediaan fasilitas bus ini sebagai upaya Angkasa Pura II melalui Bandara Sultan Thaha Jambi meningkatkan minat wisatawan dari luar menuju Candi Muaro Jambi. Diyakini hal ini tentu juga akan mempengaruhi trafik penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022