Tuntutan gaya hidup dan perilaku yang konsumtif menjadi salah satu faktor utama para generasi milenial ini cenderung lebih suka menikmati hidup hanya untuk jalan-jalan, nongkrong, belanja online, nonton konser serta hiburan-hiburan lainnya. 

Hal ini tentunya merupakan sebuah fakta mengkhawatirkan, terutama mengingat terus melambungnya harga tanah, properti hingga kebutuhan pokok yang bisa terjadi kapan saja.

Tak heran, jika sudah bertahun-tahun lamanya bekerja, tapi tak sepeser pun uang yang terkumpul untuk dijadikan sebagai tabungan di masa depan. 

Menabung itu jelas tidak mudah, maka dari itu dibutuhkan tekad yang bulat dan pengelolaan keuangan yang baik agar bisa menyisihkan pendapatan kita agar lebih maksimal. 

 

Pentingnya mengetahui cara mengatur keuangan sejak dini agar di masa tua tidak merana kehidupannya

 

Tapi jangan khawatir, untuk para generasi milenial yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan, yuk simak tips menabung dan mengatur keuangan yang terencana di bawah ini:

 

  1. Tentukan keinginan dan kebutuhan. Dalam mengelola keuangan haruslah perlu bisa menentukan dan mengetahui perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan demikian, seseorang akan dapat memprioritaskan hal yang lebih penting baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. 
  2. Membuat anggaran di tiap bulan. Membuat anggaran di tiap bulan dan mencatatnya. Dengan langkah ini, Anda dapat mengatur keuangan dengan menggunakan metode 10-20-30-40. Misalnya 10% dari pendapatan gaji dapat Anda gunakan untuk biaya kemanusiaan, 20% untuk tabungan, investasi, dan proteksi, 30% digunakan untuk cicilan utang, dan 40% digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, tempat tinggal, dan lain-lain. Namun, tetap saja jumlah angka yang dipakai bisa berbeda-beda di tiap-tiap orang. Disesuaikan lagi dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. 
  3. Bijak menggunakan kartu kredit. Dalam berbelanja, nongkrong di kafe atau restoran. Anda harus bisa mengontrol diri dan keuangan agar tidak konsumtif dan mengakibatkan pemborosan uang.
  4. Hindari berutang dan lebih baik menabung. Sisa dari pengeluaran dalam sehari dapat Anda tabung. Dengan begitu, Anda punya simpanan uang dan dapat digunakan di kemudian hari.
  5. Miliki bayangan kehidupan di masa depan. Selain melakukan kegiatan dalam melatih Anda menentukan cara mengelola keuangan yang baik, ternyata membayangkan atau memiliki impian yang jelas juga bisa membantu Anda memotivasi untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat. Dengan membayangkan kehidupan apa yang Anda inginkan di masa depan, Anda dapat membuat rencana yang lebih baik lagi. Terutama untuk perjalanan karier Anda. Cara mengelola keuangan yang satu ini berasal dari keinginan Anda tentang kehidupan ideal yang ingin direalisasikan. Maka kekuatan dari impian ini bisa cukup besar dalam memengaruhi kebiasaan Anda dalam mengelola finansial secara lebih baik.baik.
  6. Berinvestasi. Untuk mempersiapkan masa depan yang cerah, mengambil langkah untuk berinvestasi adalah keputusan yang tepat. Terdapat banyak instrumen investasi yang Anda dapat gunakan yaitu diantaranya saham, obligasi, emas, reksadana, dan lain-lain sesuai dengan jenis tingkat risiko yang muncul. Sebagai awalan, pilihlah instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang rendah. Semakin bertambahnya usia, hasil dari investasi yang sudah ditanam sejak dini pasti akan sangat terasa manfaatnya.

Seperti itulah cara mengatur keuangan dengan baik dan benar yang dapat Anda jalankan. Memang dalam prosesnya tidak mudah, namun tetaplah nikmati proses dan ingat tujuan akhir yang akan dicapai. Selalu semangat dalam menyiapkan masa depan yang lebih baik!

Pewarta: Adeli Putri Sukda

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022