Pemerintah Kota Jambi berharap  kesadaran masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga  dan memaksimalkan peran bank sampah dalam pengelolaan sampah.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Jambi, Maulana saat carnaval dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diadakan di Kota Jambi, Minggu (5/6).

"Kita harus merubah perilaku kita untuk memilah, mengurangi sampah dari rumah tangga. Dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan sampah, sehingga jumlah sampah yang 600 ton/hari dapat di kurangi di TPA Talang Gulo sehingga usia Sanitary Landfill bertahan lebih lama," terangnya.

Dikatakannya dalam sehari jumlah sampah yang dihasilkan di Kota Jambi dapat mencapai 620 ton per hari yang saat ini dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup.  Pemerintah Kota Jambi juga telah mengembangkan konsep pengelolaan sampah melalui bank sampah meski  belum optimal.

"Masih banyak daerah yang belum  mengoptimalkan peran bank sampah jadi 
sampah  plastiknya masih sebagian besar masuk ke TPA Talang Gulo,"paparnya .

Melalui carnaval hari lingkungan hidup ini pula, Maulana menegaskan bahwa terdapat pesan yang dibawa dalam pengelolaan sampah yakni 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Reduce bertujuan untuk mengurangi penggunaan barang yang akan menghasilkan sampah. Reuse untuk menggunakan kembali barang dengan fungsi yang sama ataupun fungsi yang berbeda, dan Recycle untuk mendaur ulang kembali barang menjadi bentuk baru ataupun fungsi yang baru.

Maulana  menuturkan Pemkot juga melakukan upaya  lain untuk mengatasi masalah sampah yakni dengan melimpahkan pengelolaan sampah ke tingkat Kecamatan supaya rentang kendalinya lebih mudah. Terdapat  dua Kecamatan yang sekarang ini sedang uni coba yaitu Kecamatan Telanaipura dan Jambi Selatan . 
"Nanti kalau ini berhasil ditambah lagi sehingga nanti semua rentang kendalinya lebih mudah. Camat sebagai Kepala Wilayah bisa membuat koordinasikan masyarakat dengan  bank sampah dan yang lain-lain untuk memilahkan sampah dan kita sendiri menyiapkan kendaraannya armada yang nanti di jadwal hari ini mengangkat sampah plastik, besok sampah organik sehingga betul-betul sampai ke TPA itu sudah terpilah,"tuturnya.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022