Mal Pelayanan Publik  (MPP) Kota Jambi resmi dilaunching  secara langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB Prof Dr Diah Natalisa, Senin (20/6) didampingi oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Dalam sambutan Menteri PANRB yang dibacakan oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini secara virtual dikatakan bahwa pelayanan di MPP harus mengedepankan model birokrasi yang tidak hanya e-government, namun meningkat menjadi smart government.

"Karenanya penggunaan teknologi informasi di MPP Kota Jambi, menjadi suatu hal mutlak, terutama untuk layanan-layanan yang saling terkait satu dan lainnya, seperti perizinan,"katanya dalam sambutan secara virtual.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menjelaskan, MPP menunjukkan  adanya transparasi dalam pelayanan disuguhkan Pemkot Jambi di dalam satu gedung MPP tersebut.

" Guna menjalankan amanat UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan dalam upaya mengimplementasikan Perpres Nomor 89 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik di Kota Jambi,"sebut Wali Kota mengawali sambutannya.

Dirinya mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan dengan menyamakan persepsi dan pola fikir bersama dengan unit kerja terkait, yang terlibat dalam pelaksanaan Mall Pelayanan Publik ini. Termasuk di antaranya mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta aparatur yang berintegritas untuk melayani masyarakat yang menggunakan pelayanan.

"Ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan banyak diskusi dan koordinasi yang berkelanjutan untuk menyatukan visi misi. Apalagi sebelumnya kami juga meminta pembinaan dengan KemenPAN-RB. Kerja keras ini telah membuahkan hasil, dengan berdirinya bangunan ini yang kami anggap cukup representatif,” lanjutnya

Fasha menyebutkan, di gedung MPP ini melayani 130 jenis layanan, berupa 96 jenis layanan daerah dan 36 pelayanan pusat.

“Mudah-mudahan, semakin meningkatkan gairah warga Kota Jambi untuk beraktivitas setelah beberapa waktu belakangan ini banyak usaha dan aktivitas masyarakat yang terhenti,” jelas Fasha.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB Prof Dr Diah Natalisa, MBA turut mengapresiasi hadirnya dedung MPP Kota Jambi. Kehadiran MPP di Kota Jambi diharapkannya menjawab segala kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik.

"Pemkot Jambi sebelumnya telah melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan MPP dengan Kementerian PANRB pada tahun 2021. Komitmen tersebut dibuktikan dengan terwujudnya pusat pelayanan terintegrasi ke tengah masyarakat Jambi,"jelasnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang mengurus layanan, MPP Kota Jambi menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang dapat digunakan. Beberapa diantaranya adalah tempat bermain anak, ruang laktasi, pojok baca, cafetaria, dan informasi publik.

Masyarakat Kota Jambi dan sekitarnya kini dapat berkunjung ke MPP ini setiap hari Senin hingga Jumat. Di hari Senin hingga Kamis, MPP ini beroperasi mulai pukul 08.00-15.00 WIB dengan jam istirahat pada pukul 12.00-13.00 WIB, sementara pada hari Jumat jam operasionalnya dimulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022