Dalam momentum peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jambi, Munawar Ibrahim Jambi mengajak semua OPD KB kabupaten/kota, untuk terus berupaya mempercepat penurunan angka stunting di Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan Harganas yang digelar di lapangan Kantor BKKBN Jambi itu, dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husairi, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris dan Sekretaris BKKBN Jambi, Yudi Hendra Musrizal serta undangan lainnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husairi dalam kesempatan itu mengatakan, upaya percepatan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas dari pemerintah pusat yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2022-2024.

Sesuai amanat yang tertuang dalam peraturan Presiden No 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, berdasarkan Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) tahun 2021 melaporkan bahwa prevalensi stunting di Provinsi Jambi sebesar 21,03 persen.

Tingginya angka stunting saat ini, lanjut Husairi membuat semua pihak harus berkerja lebih keras lagi dalam menuntaskan masalah tersebut, karena sesuai dengan target bahwa pada tahun 2024 mendatang angka stunting harus turun menjadi 14 persen.

"Pemerintah provinsi mengapresiasi kinerja BKKBN Provinsi Jambi dan kami juga mendukung seluruh kegiatan dari BKKBN, dalam mengatasi stunting baik di Provinsi Jambi,” kata Husairi.

Sementara Sekretaris BKKBN Provinsi Jambi, Yudi Musrizal menjelaskan, Harganas tahun ini menjadi momentum dalam rangka menurunkan angka stunting pada anak di seluruh wilayah di Jambi.

"Dalam perayaan Harganas tahun ini kita juga langsung mengkampanyekan serta menyebarluaskan informasi apa itu stunting dan ada apa dampak yang timbul," ujar Yudi.

Dijelaskannya, pencegahan stunting bisa di mulai dari sebelum perkawinan, calon pengantin atau calon pasangan usia subur, sampai dengan 1.000 hari pertama kehidupan. Itu artinya pentingnya peran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat.

Pada peringatan Harganas di BKKBN Jambi, juga dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, yang diawali senam pagi, dilanjutkan dengan lomba dan pembagian doorprize.***

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022