Sejumlah  desa di Kabupaten Batanghari saat ini sudah memasuki tahapan kedua pencairan Dana Desa , berdasarkan dari hasil rekap yang dilakukan pemerintah setempat.

"Untuk penyaluran dana desa tahun anggaran 2022 di tahap dua ini sudah tersalurkan Rp42 miliar ," kata Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batanghari, Sofian, Senin (11/7)

Pencairan dana desa yang ada di delapan kecamatan tersebut rata-rata sudah tersalurkan 46 persen atau sebesar Rp42 ,694 miliar, dari pagu Dana Desa yang besarannya sekitar Rp92 miliar.

"Dari 110 desa yang ada, saat ini baru sembilan desa yang telah disalurkan kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN untuk Dana Desa tahap dua dan 26 desa sedang berproses di KPPN, sedangkan untuk tahap pertama penyalurannya sudah selesai," katanya

Sementara itu, untuk 75 desa lainnya masih dalam proses melengkapi SPJ untuk proses tahapan kedua atau masih ada desa yang terkendala dengan serapan pemanfaatan dana ketahanan pangan, sebab desa masih kesulitan memanfaatkannya seperti untuk pembelian hewan ternak yang masih terkendala di akibatkan oleh adanya penyakit mulut dan kuku.

"Untuk dana desa tahap dua ini paling lambat dilakukan pada bulan Agustus. dengan demikian diharapkan kepada kepala desa, sekretaris desa maupun bendahara untuk serapan anggaran mengenai dana desa segera dilengkapi," ujarnya

Dan untuk di akhir tahun ini, tidak di sibukkan lagi dengan kelengkapan serapan, sebab kedepannya untuk serapan pembangunan bisa terhambat jika melihat keadaan musim yang berubah-rubah. 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022