Wakil Walikota Jambi, Dr. Maulana memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kota Jambi Sehat dalam arahannya dia menegaskan Forum Kota Jambi Sehat bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan indikator-indikator pembangunan di bidang kesehatan.

“ Pembangunan kita tidak bisa dilakukan Dinas Kesehatan atau dilakukan oleh Forum Kota Jambi Sehat saja, tetapi pembangunan lingkungan, pembangunan sarana prasarana, rumah masyarakat, drainase dan lain-lain termasuk pengelolaan sampah itu semua adalah bagian secara integral untuk membangun bidang kesehatan,” kata Maulana menerangkan.

Untuk penilaian kita sehat dikatakannya dilakukan mulai Juli 2022 sampai tahun depan. Pemkot Jambi menargetkan predikat Wistara. Baik dari tim pembina maupun forum menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

"Insyaallah tiap tiga bulan dimonitor,"ujarnya.

Maulana menuturkan, forum ini diisi dengan berbagai unsur juga melibatkan masyarakat. Pemkot berharap masyarakat juga dapat menjadi penggerak.

"Pemerintah itu sebagai pembina, banyak program yang berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat.  Ini yang disatukan sehingga masing-masing tatanan saling matching,"ujarnya.

Dia menjelaskan,  angka-angka capaian dan data-data mengenai hasil pembangunan supaya dapat terdokumentasi dengan baik, sehingga pada penilaian kota sehat tahun ini Forum Kota Jambi Sehat dapat mencapai prestasi yang jauh lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang akan dibenahi, seperti kawasan tanpa asap rokok, fasilitas untuk difabel bagi masyarakat, dan termasuk juga tempat pengolahan sampah dan ketersediaan air bersih.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022