Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi menghimpun masukan dan berkoordinasi dengan pemerhati geopark dalam rangka persiapan untuk penilaian dari tim asesor UNESCO Global Geopark (UGG) yang akan melakukan asesmen terhadap Geopark Merangin.

Bupati Merangin H Mashuri  di Bangko Merangin, Rabu, mengatakan pihaknya mempersiapkan secara maksimal untuk asesmen Geopark Merangin dengan berkoordinasi pemerhati geopark, salah satunya asal Malang, Jawa Timur.

“Mereka akan terus memberikan masukan-masukan kepada kita, sehingga Geopark kita bisa lolos masuk UGG,” kata Bupati Mashuri.

Menurut dia, pihaknya menyiapkan jauh-jauh hal-hal yang diperlukan dan mendukung proses asesmen yang akan dilakukan oleh tim dari UNESCO tersebut. Selain menyiapkan infrastruktur juga menyiapkan masyarakat agar tahu dan sadar akan potensi besar Geopark Merangin.

Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) dijadwalkan  akan melakukan penilaian pada pertengahan September 2022 melalui kunjungan langsung ke Kabupaten Merangin. Tim Asesor UGG ini, akan melakukan asesmen terhadap Geopark Merangin  untuk memastikan penilaian kelayakan untuk masuk dalam jajaran UGG.

‘’Tim ini akan berada di Kabupaten Merangin selama tiga hari. Mereka akan turun mengamati keberadaan Geopark Merangin. Untuk itu para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bekerja keras dan menjalin sinergi dengan OPD Provinsi Jambi dan pusat dengan baik,’’ kata Mashuri.

Bupati minta kepada seluruh masyarakat Merangin dan kepala OPD di jajaran Pemkab Merangin khususnya, dapat bekerja ekstra keras untuk persiapan asesmen tersebut. Para kepala OPD juga diminta harus cepat bergerak mengemban tugas yang diberikan.

Ditargetkan bupati, Geopark Merangin-Jambi bisa masuk dalam jajaran UGG pada asesmen yang akan dilakukan Tim Asesor UGG itu. Masyarakat diminta menunjukkan keunggulan kearifan dan budaya lokal Merangin.

“Tunjukkan sopan santun dan keramah-tamahan budaya kita. Tidak hanya lewat senyuman, tapi juga etika yang baik. Jika Geopark kita lolos masuk UGG, akan berdampak besar terhadap kemajuan daerah dan ekonomi masyarakat,’’ kata bupati menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022