Gubernur Jambi Al Haris mengharapkan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dapat membantu pemerintah dalam percepatan penurunan stunting di provinsi itu baik dalam hal mencegah maupun mengatasi.

"Kita sangat mengharapkan peran para bidan yang tergabung dalam organisasi IBI bisa membantu pemerintah provinsi dalam pencegahan dan penanganan stunting," kata Gubernur Al Haris di Jambi Sabtu.

Pemerintah juga mengharapkan peran bidan dalam memberikan literasi gizi bagi masyarakat sehingga jadi garda terdepan dalam mengawal kesehatan ibu dan anak, tambahnya.

Gubernur juga menginginkan para bidan menjadi motivasi bagi masyarakat dengan memaksimalkan peran dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang kesehatan.

Para bidan harus memberikan motivasi kepada masyarakat terkait nutrisi, pola asuhan dan pola hidup bersih, dimana penerapan hidup bersih dan gizi seimbang merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pencegahan dan penanganan stunting.

Pemerintah Provinsi Jambi juga sangat mengapresiasi kehadiran IBI di tengah masyarakat sebagai wadah bagi bidan untuk mengoptimalkan peran dan mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan pada bidan turut membantu dalam mengawal kesehatan masyarakat.

Gubernur Al Haris juga mengatakan bidan merupakan salah satu profesi yang luar biasa dan berjasa serta menjadi pahlawan kemanusiaan, karena peran bidan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022