Dinas Kesehatan Provinsi  Jambi  di dukung Unicef mensinergikan program  Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)  dengan kemeriahan Hari Ulang Tahun ke-77 RI (HUT RI) di daerah itu.

 Kasi Survelans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr Dini Silvia, di Jambi, Jumat (19/8/2022), mengatakan pelaksanaan BIAN Merdeka ini selain untuk menyemarakkan HUT RI ke 77 juga diharap sebagai bentuk komitmen Provinsi Jambi untuk menyediakan layanan, agar hak anak untuk diimunisasi bisa didapatkan secara menyeluruh.

BIAN “ Merdeka” digelar di Kantor Gubernur Provinsi Jambi  pada 20 Agustus 2022 guna meningkatkan capaian BIAN MR (Measles dan Rubella).

"Capaian BIAN MR  Provinsi Jambi sebesar 61,6  persen urutan keempat secara nasional, masih di bawah target untuk terwujud bebas Campak Rubella di 2023," kata Dini.

Ia menambahkan Dinas Kesehatan sudah mengarahkan  pelaksanaan BIAN Merdeka juga dilaksanakan oleh kabupaten dan kota dan Puskesmas di seluruh Provinsi Jambi di wilayah kerjanya masing – masing. Untuk di Kantor Gubernur Jambi pelaksanaan dilakukan bersama dengan vaksinasi COVID-19 untuk booster.

"BIAN Merdeka  dilaksanakan  di Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi  di titik keramaian perayaan kemerdekaan di  wilayah kerja Puskesmas masing – masing," katanya menerangkan.

Sementara itu, Kepala Bidang P2  Dinas Kesehatan  Provinsi Jambi Dr. Eva Susanti, menegaskan, pada 15 Agustus 2022 lalu pihaknya sudah dilakukan rapat evaluasi pelaksanaan BIAN Kabupaten Kota se Provinsi Jambi. Namun masih  perlu strategi – strategi baru untuk dapat melakukan percepatan BIAN hingga tercapai target 95  persen.

“ Momentum HUT RI ini harus dimanfaatkan oleh fasilitas layanan kesehatan seluruh Jambi untuk membuka pos layanan BIAN di tempat – tempat keramaian di wilayah masing – masing, provinsi  akan mendukung dengan program terintegrasi vaksinasi massal,“ tambah Eva.

Konsultan Imunisasi Unicef untuk Jambi, Yulizar Kasma mengatakan bahwa kegiatan ini selain sebagai bentuk percepatan BIAN Provinsi Jambi, juga bagus sebagai kampanye imunisasi anak, sehingga orang akan melihat bahwa pos layanan imunisasi anak bisa ditemukan di tempat – tempat keramaian di momentum kemerdekaan ini.

“ Kita berharap, Puskesmas bisa melakukan iven ini di desa atau RT sejalan dengan sweeping, karena capaian MR umur 9 bulan – 59 bulan masih di bawah 50 persen untuk Provinsi jambi,“ tutup Yulizar Kasma.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022