Sejumlah peserta perempuan ikut ambil bagian dalam keseruan lomba panjat pinang yang digelar di lapangan Kantor Gubernur Jambi di Telanai Pura Kota Jambi, Sabtu (20/8/2022).

Mereka tak mau kalah dengan peserta pria yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk ikut lomba panjat pinang itu.

Tentunya kaum hawa lebih kesulitan untuk menaklukan tiang panjatan yang diberi pelumas karena mereka tidak terbiasa beraktifitas naik tiang.

Namun keikutsertaan mereka memberikan keseruan tersendiri yang tidak kalah dengan aksi di kelompok peserta pria.

Sejak Sabtu pagi, konsentrasi masyarakat Kota Jambi berada di dua titik lokasi kantor pemerintahan. Selain di kompleks Kantor Gubernur Jambi, juga di lapangan upacara Pemkot Jambi di Kota Baru Kota Jambi.

Warga Jambi berlomba untuk menaklukkan tiang licin berpelumas pada lomba panjat pinang.

Pemprov Jambi menyediakan sebanyak 77 tiang untuk panjat pinang yang menyediakan berbagai hadiah yang menarik, termasuk hadiah sepeda gunung yang menjadi buruan para peserta.

Jumlah 77 tiang panjat pinang, diambil dari usia Republik Indonesia ke-77 yang diperigati pada 17 Agustus 2022 lalu.

Warga yang hadir sebagai peninton cukup antusias menyaksikan lomba yang dua tahun terakhir terhenti karena pandemi COVID-19. Mereka memberi semangat para peserta yang berlomba.

Sebelum lomba panjat pinang, juga sebelumnya digelar jalan santai, sepeda santai serta lomba permainan masyarakat seperti lomba bakiak, halang serta beberapa permainan tradisional lainnya.

Sementara itu di kawasan Tugu Keris Kota Jambi, juga digelar kegiatan memeriahkan HUT RI dengan lomba panjat pinang yang berjumlah 45 tiang.

Selain itu juga digelar Siginjai Fashion Week dan berbagai lomba tradisional yang melibatkan masyarakat.

 

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022