Sekitar 1.000 ingkung ayam dan nasi tumpeng mewarnai acara wiwit (dimulainya) panen tembakau dan kopi secara massal di Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu.

Ingkung ayam (ayam yang dimasak secara utuh, tanpa dipotong-potong) dan tumpeng tersebut dibawa oleh para kelompok tani baik petani tembakau maupun petani kopi yang berasal dari 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Sedikitnya 5.000 petani berkumpul di Alun-Alun Temanggung untuk melakukan doa bersama. Setelah melakukan doa bersama, kemudian ingkung dan tumpeng tersebut dimakan bersama-sama.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyampaikan para petani tembakau dan kopi di Temanggung berduyun-duyun ke alun-alun membawa ingkung dan tumpeng untuk berdoa bersama-sama memohon kepada Allah supaya panen tembakau dan kopi 2022 berjalan lancar dan bisa mendatangkan rezeki banyak bagi masyarakat.

Khadziq mengatakan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Temanggung setiap panen tembakau melakukan selamatan wiwit tembakau, begitu juga waktu panen kopi petani juga mengadakan selamatan panen kopi.

Ia menyampaikan agar harga kedua komoditas tersebut tinggi, pertama-tama pemkab meminta dan menyerukan kepada seluruh petani dan perajang tembakau agar menjaga kualitas tembakau Temanggung.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 1.000 ingkung ayam warnai acara wiwit tembakau dan kopi di Temanggung

Pewarta: Heru Suyitno

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022