Rusia memiliki banyak hidangan tradisional yang lezat untuk dicoba. Pengunjung Rusia sering terkejut dengan variasi dan rasa masakan Rusia yang dipengaruhi oleh hubungan Rusia dengan Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Resep Rusia paling klasik terbuat dari sayuran dan gandum, seperti sup, bubur, dan adonan isi.

Borscht

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Borscht adalah sup bit yang berasal dari Ukraina dan dengan cepat diadopsi sebagai makanan khas Rusia. Bit terlihat seperti sup yang aneh bagi banyak orang Barat, tetapi ada banyak alasan mengapa sup hangat ini adalah salah satu hidangan paling terkenal di Rusia. Sup ini penuh dengan daging dan sayuran tumis, termasuk kol, wortel, bawang, dan kentang. Makanan sehat ini dapat disajikan panas atau dingin dan paling baik disajikan dengan sesendok krim asam segar di atasnya.

Shchi

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Shchi adalah sup kubis khas yang terbuat dari kubis segar atau fermentasi. Shchi umumnya mengandung kentang, wortel, bawang, dan beberapa daging seperti ayam. Kubis juga bisa diganti dengan asinan kubis yang disebut shchi asam.

Solyanka

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Solyanka adalah sup kental yang cukup banyak untuk dijadikan santapan tersendiri. Sup ini dibuat dengan berbagai jenis daging, termasuk sosis, bacon, ham, dan daging sapi, serta sayuran seperti kol, wortel, bawang, dan kentang. Acar cincang dan hiasan irisan lemon tradisional memainkan peran penting dalam memberikan resep ini dengan rasa asamnya. Makanan ini sering juga dibuat dengan ikan dan acar mentimun.

Ukha

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Ukha adalah sup ikan dengan kuah bening. Berbagai jenis ikan dapat digunakan untuk membuat sup ini, termasuk ikan air tawar, lele wels, pike utara, dan ruffe. Bahan-bahan lainnya tidak berbeda dengan sup ayam tradisional, yaitu terdapat sayuran akar, peterseli, daun bawang, dan adas.

Pirozhki

 
Makanan tradisional Rusia. (ANTARA/HO/IST)

Pirozhki adalah kue kering kecil yang dipanggang atau digoreng dan dikemas dengan kentang, daging, kol, atau keju. Makanan ini populer di seluruh Rusia dan Ukraina.

Dumplings

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Makanan ini dianggap sebagai hidangan nasional Rusia. Dumplings adalah kue pangsit yang biasanya diisi dengan daging cincang dan dibungkus dengan adonan tipis seperti pasta. Makanan tradisional ini dapat disajikan sendiri, diolesi mentega dan diberi krim asam atau dalam kaldu sup.

Blini

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Blini adalah kue dadar gandum yang digulung dengan berbagai isian, seperti selai, keju, krim asam, kaviar, bawang, atau bahkan sirup coklat. Blini adalah salah satu makanan penting dari masakan Rusia sehingga festival yang disebut Maslenitsa merayakan awal musim semi dengan menghidangkan makanan ini.

Shashlik

Makanan tradisional Rusia. (/HO/IST-net)

Kebab Rusia atau yang dapat disebut shashlyk atau shashlik ini sama seperti kebab lainnya yang terdiri dari daging potong dadu dan sayuran yang dipanggang dengan tusuk sate. Makanan ini berasal dari Pegunungan Kaukasia, di mana anggota suku abad ke-19 akan menyiapkannya di atas api terbuka. (dari berbagai sumber/net)

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022