Pemerintah Provinsi Jambi memberikan solusi atas perbaikan jalan dengan membuka akses menuju pelabuhan Talang Duku, Taman Rajo, Muarojambi .

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Gubernur Jambi, Al Haris saat dirinya menemui warga sekitar untuk membuat kesepakatan pada warga untuk perbaikan jalan di kawasan tersebut Rabu(14/9) malam, menurut informasi diterima, Jumat.

"Saya ambil kesimpulan dana Rp5,2 miliar untuk perbaikan jalan di Talang Duku ini dari iuran perusahaan tadi, dan sisanya Rp2,8 miliar kami (Pemprov Jambi) menutupnya," kata Gubernur Jambi dihadapan masyarakat.

Keputusan Gubernur Jambi ini pun langsung disambut tepuk tangan dan syukur warga.

Usai diterimanya solusi dari Pemerintah Provinsi Jambi, Kamis (15/9) warga kembali membuka akses jalan bagi angkutan truk batu bara dan angkutan hasil bumi lainnya untuk melewati jalan tersebut.

Gubernur Jambi langsung melakukan pertemuan dengan masyarakat di Desa Talang Duku didampingi Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pj Bupati Muarojambi dan Kadis PU Provinsi Jambi. Pemerintah langsung mencari kesepakatan perbaikan jalan.

"Tadi sudah sepakat kami yang menutupi kekurangan tersebut, sehingga nanti tetap pekerjaan (jalan) yang 1 kilometer tersebut selesai ," katanya menambahkan.

Diketahui untuk memperbaiki jalan Talang Duku sepanjang 1 kilometer lebih tersebut membutuhkan dana sebesar Rp8 miliar. Akses jalan ini merupakan akses jalan utama menuju pelabuhan Talang Duku Jambi.

Sebelumnya, jajaran Kepolisian Daerah (Polda ) Jambi juga telah melakukan diskusi bersama tokoh masyarakat di desa tersebut. Polda Jambi berharap, dapat menemukan solusi atas permasalahan kondisi jalan di kawasan tersebut sehingga tidak mengganggu pergerakan ekonomi daerah itu.

Selain mencari solusi, Polda Jambi juga memberikan makanan dan minuman bagi masyarakat serta supir angkutan batu bara yang sempat terhenti dan tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju area pelabuhan Talang Duku.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022