Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan program pembinaan 23 desa wisata di daerah itu agar bisa mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing.

"Tahun depan kegiatan Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong terfokus pada program pembinaan 23 desa wisata, tidak ada kegiatan fisik," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong M Budianto usai mengikuti acara reses anggota DPRD Rejang Lebong di Kecamatan Selupu Rejang, Minggu.

Dia menjelaskan, pembinaan yang akan dilakukan kepada pengelola desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini berupa peningkatan kapasitas kepariwisataan baik terkait dengan manajemen maupun ekonomi kreatif yang ada di masing-masing desa.

Peningkatan kapasitas kepariwisataan khususnya SDM tersebut, kata dia, penting dilakukan agar desa wisata ini berkembang dan memiliki daya saing dengan desa wisata atau tempat wisata lainnya yang dikelola swasta.


Untuk memastikan desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang sudah dibentuk sejak 2019 lalu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan peninjauan dan pendataan lapangan guna melihat langsung kondisi 23 desa wisata tersebar dalam sembilan kecamatan.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022