Museum Siginjai terus berinovasi untuk menarik minat kunjungan dari para generasi muda di Jambi sekaligus mencoba membangkitkan minat belajar dan keingintahuan anak muda dalam mengenal sejarah seiring berkembangnya zaman.

Kepala seksi (Kasi) Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjai Rimala Isma di Jambi, Rabu mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi di museum ini karena perkembangan zaman yang menjadikan manusia mengalami perubahan terutama dalam segi pemikiran maka diperlukan terobosan baru untuk bisa menarik minat pengunjungnya.

"Sangat penting datang ke museum guna mempelajari sejarah sebagai tonggak utama untuk mengetahui sejarah negeri ini dan kami terus melakukan edukasi tentang pentingnya museum kepada masyarakat khususnya terhadap dunia pendidikan," katanya.

Berbagai upaya dilakukan dalam menarik pengunjung supaya datang ke museum dalam rangka meningkatkan minat masyarakat seperti melalui kerjasama, memberikan edukasi dan mengadakan lomba.

"Museum mengangkat sejarah lampau yang terpendam kemudian kita mengangkat kembali lalu dikenalkan kepada anak-anak dengan cara permainan tradisional dan belajar bersama," katanya.

Rimala mengimbau kepada segala kalangan untuk datang berkunjung ke museum, sangat rugi jika tidak dan kalau orang luar, mereka ketika datang ke suatu daerah pertama bukan mengunjungi mall tetapi museum.

Menurut dia, sebagai generasi muda sebenarnya wajib ke museum karena tugas generasi muda melanjutkan dan mengisi sejarah dan secara bersamaan dalam rangka memperingati hari museum nasional diadakan lomba menempel pola, menggambar dan mewarnai khusus untuk anak TK dan SD yang dilaksanakan dari 1-14 Oktober di Museum Perjuangan.

"Adapun kegiatan yang sudah berjalan yaitu lomba mewarnai yang diikuti 400 siswa untuk tingkat TK dan menempel pola yang diikuti 100 siswa TK dengan kegiatan itu pastikan generasi muda akan berkunjung dan melihat museum," kata Rimala.





 

Pewarta: Melli Andani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022