Rumah Sakit Siloam Hospitals Jambi memperingati hari cuci tangan sedunia pada 15 Oktober 2022 dengan memberikan edukasi dan mengingatkan kembali kepada masyarakat mengenai pentingnya mencuci tangan secara teratur.

Direktur Siloam Hospitals Jambi dr. Dini Paramita Defrin,MMRS Sabtu, mengatakan, peringatan hari cuci tangan sedunia ini juga menjadi momentum bagi semua bahwa untuk memutuskan rantai penyebaran penyakit adalah memastikan individu yang sehat. Cara sehat itu salah satunya adalah memastikan kondisi tangan yang bersih ketika selepas menyentuh sesuatu atau barang. 

" Ini kita edukasi tentang cara mencuci tangan, kapan saja waktu yang tepat mencuci tangan, dan berapa lama waktu mencuci tangan," katanya.

Sementara itu, Perawat Pengendali Infeksi RS Siloam Hospitals Jambi Ns. Intan Maya Sari menegaskan, peringatan hari cuci tangan sedunia rutin dilaksanakan Siloam Hospitals Jambi. Selain memberikan edukasi, Siloam Hospitals Jambi (SHJB) juga memberikan fasilitas cuci tangan kepada 10 sekolah di Kota Jambi.

" Fasilitas cuci tangan ini adalah hasil kreasi dari staf SHJB yang kami lombakan kemudian kami berikan secara gratis kepada 10 sekolah di Kota Jambi," katanya.

*Ns Intan* mengatakan, peringatan hari cuci tangan sedunia disambut antusias dengan seluruh karyawan. Edukasi mengenai cara mencuci tangan ini juga diikuti oleh pasien dan keluarga pasien yang datang ke SHJB siang tadi. 

Sebagai edukasi, *Ns Intan* mengingatkan kepada masyarakat  tentang kapan saja waktunya untuk mencuci tangan seperti saat hendak mengolah makanan, saat hendak memegang bayi, saat hendak menyusui dan setelah keluar dari toilet. Sementara itu, cara mencuci tangan sendiri baik medis maupun non medis tidak ada perbedaan dengan enam langkah mencuci tangan.

" Kalau cuci tangan pakai air rentan waktunya 40-60 detik sedangkan jika menggunakan handsanitizer  selama 20-30 detik," terangnya.

Kegiatan ini merupakan rangkain dari kegiatan sebelumnya, SHJB sudah melakukan seminar mengenai pentingnya mencuci tangan secara online .

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022