Sebanyak 100 pasangan di Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Mersam, Kabupaten Batanghari  menjalani sidang isbat nikah terpadu. 

"Tahun 2021 lalu sudah melaksanakan program isbat nikah ini. Tahun ini, kita kembali melaksanakan program isbat nikah lagi," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Batanghari, Munir, Senin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama antara Pemkab Batanghari, Pengadilan Agama dan Kementerian Agama Kabupaten Batanghari. Untuk sidang isbat itu terdapat dua Kecamatan yang akan menjadi target yaitu Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Mersam.

Munir menjelaskan, di dua Kecamatan tersebut pihaknya menargetkan akan menyelesaikan kasus isbat nikah sebanyak 100 pasangan. Dan berharap terhadap kegiatan ini dapat terealisasi.

Sementara itu, untuk di tahun 2021 lalu pihaknya berhasil menyelesaikan lebih kurang 76 kasus perkara isbat nikah dan itu sudah diserahkan secara simbolis berkas-berkas administrasi oleh Bupati Batanghari.

“Kita baru saja melaksanakan rapat persiapan akhir pelaksanaan isbat nikah, semua komponen terlibat dan harapan kita di tahun ini akan mencapai target tersebut,” ujarnya

Melalui berkas pemohon yang telah diverifikasi oleh KUA dan Pengadilan Agama. Hasil verifikasi tersebut akan dituangkan dalam SK Bupati Batanghari.

Dapat diketahui juga, Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Mersam termasuk jumlah pemohon terbanyak untuk program isbat nikah ini.

“Mudah-mudahan target 100 pasangan pada tahun ini bisa kita realisasikan. Kalau secara keseluruhan di Batanghari berkas yang masuk cukup banyak di atas 1.000 permohonan isbat nikah," tutupnya

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022