Ribuan peserta Hari Krida Pertanian (HKP) ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin yang datang dari kabupaten/kota di Provinsi Jambi puas dan terhibur pada acara puncak dan penutupan pelaksanaan HKP ke-50, yang dipusatkan di Lapangan Bola Desa Lubuk Pungguk Kecamatan Jangkat, Kamis (17/11).

Menurut Apriyandi, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Muarojambi, pelaksanaan HKP ke-50 di Merangin sudah sangat maksimal. Berbagai kegiatan terselenggara dengan baik.

‘’Hujan buka jadi penghalang, justru turunnya hujan di Jangkat itu memberi berkah bagi kita orang pertanian dan pentani. Namanya pertanian memang harus becek-becek dan kotor dan kami merasa puas atas semua itu,’’ujar Apriyandi.

Hal senada juga diungkapkan Ny Susihartina, dari Dinas Ketahanan Pangan Sungai Penuh. Menurut ibu dua anak ini, pelaksanaan HKP ke-50 membuat insan pertanian di Provinsi Jambi jadi mengetahui Jangkat.

‘’Kalau pertanian itu memang identik dengan kotor dan becek. Jadi kalau orang mengenal Jangkat, maka dia juga akan kenal Sungai Penuh, karena alam dan cuacanya sama dengan Sungai Penuh,’’terang Ny Susihartina.

Sedangkan menurut Ny Mezadiati, Sekdin Pertanian Tamanan Pangan dan Holtikutura Kota Jambi, pelaksanaan KHP di Jangkat luar biasa. Peserta tidak hanya puas dengan acara, tapi bisa belanja berbagai komoditi pertanian.

‘’Kami juga bisa langsung berwisata menikmati indahnya pamorama alam Jangkat. Pulangnya kami bisa membeli sayur-sayuran, kantang, bawang dan berbagai produk pertanian lainnya,’’terang Ny Mezadiati.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022