Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa mengatakan saat ini organisasinya menaungi sebanyak 64 perusahaan pers online.

"Kami berharap, berkeinginan dan meyakini dengan optimis, perusahaan-perusahaan pers yang berada di bawah SMSI Provinsi Jambi bisa merealisasikan tema pelantikan dengan dukungan semua pihak terkait," kata Muhktadi usai usai dilantik menjadi Ketus SMSI Jambi periode 2022-2027 oleh Wakil Ketua Umum SMSI Pusat Yono Hartono di Jambi, Sabtu

Pelantikan tersebut disaksikan langsung Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua Dewan Pembina SMSI Sutan Adil Hendra, dan tamu undangan lainnya.

Muhktadi dalam sambutannya mengatakan pelantikan sudah dilakukan dan mengambil tema "Menuju media siber yang bijak, kritis, santun dan mantap".

Pengambilan tema tersebut bukannya tanpa makna atau sekedar tema dan slogan biasa. namun lebih dari itu, bijak arti perusahaan-perusahaan pers yang berada di bawah "kapal besar" SMSI Jambi ini memiliki langkah yang jelas, terukur, serta arif dan bijaksana dalam mewarnai persaingan di era digitalisasi saat ini.

Selanjutnya, kritis diartikan sebagai sebuah sikap konstruktif yang memang menjadi khittah sebuah media pemberitaan publik.

Kemudian santun, tentulah memiliki ranah tersendiri. media tidak boleh kebablasan dalam memberikan kritikan-kritikan kepada pemangku kebijakan, tanpa dibarengi dengan solusi kongkrit dan semua memiliki norma dan akidah tersendiri.

Sebagai organisasi perusahaan pers yang sudah menjadi kontituen Dewan Pers, SMSI Provinsi Jambi menaungui lebih kurang 64 perusahaan pers online, dan SMSI terus berusaha untuk berbuat lebih baik kedepannya.

"Berbuat maksimal agar anggota-anggota SMSI menjadi sebuah perusahaan pers profesional, mendorong secara kontinyu agar seluruh perusahaan terverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dalam sambutannya mengatakan harapan dan doa, dengan pelantikan hari ini Jambi akan semakin mantap dan berkah ke depan.

"Teman-teman yang dilantik dan yang melantik tadi, ini sebagian dari amal soleh dan bakti kita," katanya.

Wagub mengatakan keinginan membentuk serikat media yang mencerminkan adanya kesatuan dan persatuan sesama media di Jambi dan dengan adanya pengurusan ini SMSI Jambi dapat terorganisir dengan baik.

"Tentunya dapat meningkatkan media siber di Jambi ini dan saya mengucapkan selamat pelantikan SMSI di Jambi, semoga ada program yang inovasi dengan terobosan terobosan yang baru," harap Abdullah Sani.

Sementara itu, Yono Hartono selaku Wakil Ketua Umum SMSI Pusat meminta maaf karena Ketua SMSI pusat tidak bisa menghadiri pelantikan SMSI Provinsi Jambi. Karena beliau sedang sakit dan menyampaikan permohonan maaf beliau lagi sakit terkena serangan jantung.

Dia mengatakan, SMSI merupakan organisasi anggota Dewan Pers, dimana SMSI memiliki anggota terbanyak di dunia.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina SMSI Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra dalam sambutannya mengatakan dengan dilantiknya kepengurusan SMSI Jambi ini dia yakin kehadiran SMSI momentum kemajuan dunia pers, untuk Informasi di Jambi.

Kehadiran SMSI di Jambi ini diharapkan masyarakat terutama para jurnalis agar melakukan langkah-langkah yang positif dalam membangun besar SMSI di Provinsi Jambi.

SMSI harus perangi berita hoax, agar SMSI dapat dipercaya oleh semua pihak. "Kami yakin ini, menjadi awal yang baik menuju media yang santun dan mantap di Jambi. Sekali lagi selamat yang baru di lantik," kata Sutan Adil Hendra.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022