Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi Nirwan Ilyas mengatakan mulai awal tahun 2023 pihaknya mendatangi sekolah menengah atas (SMA ) di daerah itu untuk "jemput bola" perekaman KTP elektronik (KTP-el) pemilih pemula.

"Kami akan turun lagi ke SMA swasta maupun negeri untuk melakukan perekaman KTP-el pemilih pemula," kata Nirwan Ilyas di Jambi, Kamis.

Nirwan menjelaskan pihaknya melakukan perekaman KTP-el pelajar SMA yang memasuki usia 17 tahun.

Ia mengatakan menjelang Pemilihan Umum 2024 setidaknya ada 26.510 pemilih pemula di Kota Jambi yang belum melakukan perekaman KTP-el. Setiap tahun setidaknya ada penambahan 10 ribu usia remaja.

Dinas Dukcapil Kota Jambi selama tahun 2022 sudah melakukan perekaman KTP-el kepada lebih kurang enam ribu jiwa yang memasuki usia 17 tahun.

Untuk mengejar perekaman KTP-el tersebut, katanya, maka Dinas Dukcapil Kota Jambi akan mendatangi sekolah untuk melakukan perekaman KTP-el.

Nirwan meminta para remaja yang berusia 16 tahun bisa datang langsung ke gerai pelayanan untuk melakukan perekaman KTP-el.

"Jadi untuk yang usia 16 tahun bisa melakukan perekaman terlebih dahulu. Nanti saat usia 17 baru dicetak," jelasnya.

Disdukcapil Kota Jambi telah berkoordinasi dengan Kemendagri terkait keperluan blangko KTP-el di Kota Jambi.

ia mengakui sejak akhir November 2022 pencetakan KTP-el di Kota Jambi terbatas karena sedang berlangsung proses tender blangko KTP-el di Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi waktu itu per hari kami batasi pencetakan 100 blangko KTP-el. Biasanya per hari mencapai 400-600 blangko. Tapi saat ini sudah aman kondisinya,” katanya.

 

 

 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023