Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jambi mendeklarasi 'Lapas Bersinar' dan antinarkoba bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi setempat sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama dengan pihak terkait.

Deklarasi 'Lapas Bersinar' (Bersih dari Narkoba) dihadiri dan disaksikan langsung Gubernur Jambi Al Haris bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Jambi dan Pemkab Muarojambi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Jambi berlokasi di Sengeti Kabupaten Muarojambi, Rabu.

Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan dalam bidang pemasyarakatan, jajaran Kemenkumham Jambi serta inovasi dan menjalin kerja sama dengan beberapa instansi terkait.

Pimpinan tinggi pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar  mengatakan beberapa kegiatan penting yang dilakukan hari ini juga di antaranya adalah penandatanganan perjanjian kerja sama dengan beberapa instansi.

Kemudian pemberian penghargaan kepada beberapa instansi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi dan Gubernur Jambi dan pembacaan deklarasi serta penandatanganan deklarasi 'Lapas Bersinar' dan pemberian plakat kepada beberapa Instansi di antaranya Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Kemudian perhargaan yang sama juga untuk Klinik PMI Provinsi Jambi, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Muarojambi, Universitas Adiwangsa Jambi dan Universitas Muhammadiyah Jambi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Jambi Trianan Agustin dalam laporannya menyampaikan bahwa Perjanjian Kerja sama dilaksanakan untuk mendukung pelayanan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),  dan pelaksanaan program pembinaan kepribadian dan kemandirian WBP. Kegiatan kali ini juga bertujuan untuk mendukung upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban khusus di dalam lapas dan sekitarnya.

"Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada aparat penegak hukum di Kabupaten Muarojambi yaitu Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan serta TNI dan yang telah melaksanakan sambang patroli guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," kata Trianan Agustin.

Dengan kerja sama tersebut mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan organisasi, lembaga pihak terkait lainnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Lapas Perempuan Jambi agar bisa berjalan lancar dan aman serta terkendali untuk mendukung program 'Lapas Besinar.'

Lapas Perempuan Jambi pada akhir tahun lalu sempat dikunjungi langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para isteri menteri kabinet Indonesia Bersatu dan melihat langsung kondisi dan situasi Lapas perempuan tersebut dan memberikan masukan dan dukungan kepada para narapidana untuk bisa menjadi lebih baik setelah menjalani hukuman.

Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jambi selama ini juga sudah melakukan pembinaan dengan memberikan kegiatan yang positif seperti pelatihan kecantikan dan salon, menenun dan membatik serta kegiatan positif lainnya agar menjadi bekal para napi perempuan yang sudah menjalani hukuman bisa berusaha mandiri, kata dia.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023