Pihak RSUD Raden Mattaher Jambi menggelar pertemuan forum perangkat daerah untuk optimalisasi layanan rujukan mulai dari fasilitas kesehatan pertama sampai dengan rumah sakit umum daerah.

Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi dr Herlambang Sp OG-KFM di Jambi, Sabtu (11/3), mengatakan RSUD tersebut sukses menggelar forum perangkat daerah RSUD se-Provinsi Jambi dengan mengangkat tema "Optimalisasi Transformasi Layanan, Rujukan untuk Jantung Terpadu, Kanker, Stroke dan Uronefro.

Forum itu untuk menjabarkan visi Jambi Mantap 2024 Gubernur Al Haris dan Wagub Abdullah Sani dalam penyelerasan program rumah sakit daerah di Provinsi Jambi. Kegiatan itu juga menjadi sarana efektif dalam memperkuat dan menyelaraskan kerja sama organisasi perangkat daerah (OPD) dan partisipasi masyarakat.

“Sejak tahun ini kami berfokus pemenuhan sumber daya manusia (SDM) kesehatan dan sarana prasarana,” kata dia.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Raden Mattaher Jambi dr Anton Trihartanto mengatakan sejak 2022 pihaknya telah berfokus pencapaian layanan rujukan jantung terpadu, kanker, stroke dan uronefro dengan mempromosikan salah satu pilar dari 10 pilar reformasi layanan kesehatan yang dimiliki Kementerian Kesehatan.

“Tahun ini kami tengah membangun fasilitas sarpras bagi layanan rujukan jantung terpadu, bedah terbuka kardiovaskular, karena sebelumnya tindakan jantung masih terbatas,” kata dia.

RSUD Raden Mattaher Jambi telah berkomitmen membangun sektor kesehatan di Provinsi Jambi sesuai harapan gubernur di mana semua pasien di Provinsi Jambi tidak ada lagi yang dirujuk keluar dari Provinsi Jambi.

Kabid Layanan Kesehatan Dinkes Provinsi Jambi dr Dewi Lestari juga menambahkan bagi seluruh rumah sakit di Provinsi Jambi pihaknya berperan melakukan pembinaan dan koordinasi dalam implementasi layanan kesehatan.

Keberadaan RSUD Raden Mattaher Jambi saat ini, katanya, menjadi rumah sakit utama bagi seluruh rujukan rumah sakit di Provinsi Jambi.

“Sehingga ke depan RSUD Raden Mattaher Jambi dapat terus meningkatkan kualitas SDM kesehatan dan layanan bahkan untuk layanan rujukan jantung terpadu, kanker, stroke dan uronefro sehingga menjadi rumah sakit rujukan utama,” katanya.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023