Gubernur Jambi Al Haris dan Bupati Merangin Mashuri menghadiri Festival Bantai Adat Sedekah Negeri yang digelar di wilayah Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Sabtu, untuk menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Gubernur Haris mengatakan bahwa Bantai Adat Sedekah Bumi merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

"Bantai Adat Sedekah Negeri sebagai warisan nenek moyang wajib dilestarikan. Mudah-mudahan ke depan acara Bantai Adat ini tambah ramai," kata dia.

Bupati Merangin Mashuri menjelaskan bahwa Festival Bantai Adat Sedekah Negeri merupakan agenda tahunan warga Tabir menjelang Ramadhan.

"Bantai Adat ini merupakan kegiatan warisan dari para leluhur kita yang wajib kita teruskan. Alhamdulillah kegiatan ini sudah tercatat secara nasional di Kementerian Pendidikan RI dengan bukti sertifikat yang sudah kita terima," kata dia.

Bantai Adat Sedekah Negeri merupakan ajang silaturahmi masyarakat menjelang Ramadhan. Acaranya mencakup pemotongan hewan ternak secara serentak di Lapangan Dusun Baru Rantau Panjang Tabir.

Bupati berharap Festival Bantai Adat Sedekah Negeri bertambah meriah dari tahun ke tahun dan jumlah kerbau yang disembelih secara serentak dalam acara itu juga bertambah menjadi 200 hingga 300an.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023